Uu Ruzhanul Dorong Generasi Muda Jabar Tingkatkan Kemampuan Literasi

Uu Ruzhanul Dorong Generasi Muda Jabar
Uu Ruzhanul Dorong Generasi Muda Jabar Tingkatkan Kemampuan Literasi

Tasikmalaya, Ruber.id –  Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul dorong generasi muda di Jabar untuk intens meningkatkan literasi. Tujuannya supaya generasi muda di Jabar dapat menjawab tantangan dunia dan mewujudkan Indonesia Emas 2045. 

Dengan kaum muda memiliki pengetahuan yang luas maka bangsa Indonesia bisa bersaing dengan bangsa lainnya. 

Pak Uu sapaan wakil dari Ridwan Kamil tersebut megnucapkan itu saat membuka Rapat Koordinasi Daerah. Dimana tema yang dibawa adalah “Kolaborasi Lintas Pemangku Kepentingan dalam Peningkatan Budaya Literasi untuk Mewujudkan Manusia Berpengetahuan Inovatif, Kreatif dan Berkarakter” . 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) via konferensi video di Rumah Singgah Wagub Jabar, Kamis (27/5/2021). 

Baca juga:  Dua Warga Cianjur Hanyut di Kali Cijedil, Budi Hilang Terseret Arus

Uu Ruzhanul Dorong Generasi Muda Jabar Tingkatkan Kemampuan Literasi

“Apapun era dan zamannya, kita tetap menginginkan sebuah generasi yang hebat, generasi yang kuat dan generasi yang multidimensi. Khususnya dalam rangka Jabar Juara Lahir Batin yang ada di Jawa Barat untuk meneruskan estafet kepemimpinan, estafet pemerintahan, dan estafet pembangunan,” kata Pak Uu.

Salah satu syarat terwujudnya Indonesia Emas 2045 adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Untuk menjadi SDM yang unggul, generasi muda Jawa Barat harus meningkatkan kemampuan literasi secara intens dan konsisten. 

“Supaya generasi muda yang akan memimpin di tahun 2045 memiliki kemampuan yang hebat dan memiliki keahlian,” ucapnya. 

“Kita pun jangan melupakan dari konsep generasi muda yang akan datang sesuai dengan Nawacita yaitu Pendidikan Karakter terkait moral dan akhlak yang bersumber pada ukhrawi,” tambahnya. 

Baca juga:  Geger, Sesosok Bayi di Karangnunggal Tasikmalaya Ditemukan Tewas Dalam Lemari

Pak Uu pun mengapresiasi kinerja dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Jabar yang terus berinovasi dalam meningkatkan literasi generasi muda. Salah satunya dengan menggagas program Makan Jengkol (Mari Kita Antar Jemput Buku dengan Kolaborasi). 

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar berupaya memperbaiki perpustakaan di pesantren. “Sehingga kemampuan literasi dan juga pengetahuan hingga kemampuan generasi muda di Jabar terus meningkat,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut.. (CW-005 Putra)