22.4 C
Indonesia
Senin, September 20, 2021
spot_img

Selayang Pandang Yayasan Kesejahteraan Pegawai bank bjb

BERITA BANDUNG, ruber.id – Tahun 1999, tepatnya 1 Oktober 1999 menjadi tonggak sejarah pendirian Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) bank bjb.

Pada tanggal tersebut, YKP bank bjb akta pendirian dari notaris disahkan dan pada saat itu, beralamat di Jalan Kejaksaan Nomor 10, Kota Bandung.

YKP bank bjb adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam sejarah perjalanan bank bjb, yang akan genap berusia 60 tahun, pada Kamis, 20 Mei 2021, mendatang.

Pemimpin Divisi Corporate bank bjb, Widi Hartoto menyebutkan, tujuan awal didirikannya YKP bank bjb yaitu untuk mengelola bantuan Dana Program Tunjangan Hari Tua (THT) pegawai bank bjb.

Selain itu, juga untuk kegiatan sosial (Sumbangan), pendidikan (Pengelolaan gedung diklat) hingga kesehatan (Pengelolaan balai pengobatan dan GOR lapangan tenis).

Seiring berjalannya waktu, kata Widi, YKP bank bjb dipercaya oleh bank bjb untuk mengelola kegiatan yang bersifat bisnis.

BACA JUGA:  Hipmikindo Pangandaran Gali Potensi Sumber Daya Alam

“Seperti sewa kendaraan dan tenaga outsourcing untuk memenuhi kebutuhan bank bjb,” katanya.

BACA JUGA:  bank bjb Raih Penghargaan Infobank Top BUMD Award 2021

Kemudian, kata Widi, pada tahun 2001 ini, YKP bank bjb mulai memberikan bantuan kesehatan bagi para pensiunan bank bjb.

Di mana, sambung Widi, sumber dananya berasal dari sumbangan bank bjb.

Meski sumbangan yang diberikan dari bank bjb berhenti pada tahun 2004, YKP bank bjb masih tetap memberikan bantuan kesehatan bagi pensiunan, hingga saat ini.

Pada tahun yang sama, YKP bank bjb juga mendirikan Sekolah Tinggi melalui pengambilalihan sekolah tinggi Panca Sakti di Bekasi.

Pengalihan kepemilikan ini, telah disahkan oleh Menteri Pendidikan tahun 2002 dengan perubahan nama menjadi STIE Ekuitas.

Pada mulanya, STIE Ekuitas ditujukan untuk peningkatan kompetensi di bidang pendidikan bagi pegawai bank bjb.

Di mana pada saat itu, didominasi oleh lulusan setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

BACA JUGA:  bank bjb Raih Penghargaan Infobank Top BUMD Award 2021

Seiring berjalannya waktu, STIE Ekuitas makin berkembang dan menerima mahasiswa dari berbagai kalangan.

Dalam rangka mendukung perkembangan STIE Ekuitas, pada tahun 2004, YKP bank bjb membeli lahan bangunan eks STIEMIK Bandung di Jalan PHH. Mustopha Nomor 31, Kota Bandung.

YKP bank bjb mengembangkan bangunan STIE Ekuitas yang selesai pada tahun 2008, kemudian kantor YKP bank bjb berpindah alamat, pada tahun yang sama.

BACA JUGA:  bank bjb Raih The Best Digital Banking Innovation & The Best Banking in Financial Inclusion

Kemudian pada tahun 2006, YKP bank bjb mengalihkan kegiatan yang bersifat bisnis seperti pengelolaan sewa kendaraan dan tenaga outsourcing kepada PT Artdeco Sejahtera Abadi (Artdeco).

Artdeco didirikan oleh YKP bank bjb bersama dengan Koperasi Karyawan PT Bank Jabar untuk mengelola kegiatan bisnis yang semula dikelola langsung oleh YKP bank bjb.

Pengalihan ini, dilakukan sebagai bentuk kepatuhan atas ketentuan Undang Undang Yayasan Nomor 16/2001.

BACA JUGA:  Kredit bjb Mesra Bantu Difabel Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Bunyi pasal tersebut yakni yayasan tidak dapat melakukan kegiatan usaha secara langsung tetapi harus melalui badan usaha yang didirikannya atau melalui badan usaha lain di mana yayasan menyertakan kekayaannya.

Dengan pengalihan ini, kegiatan yayasan hanya berfokus pada pengelolaan bantuan Dana Program THT Pegawai bank bjb, bantuan sosial, kesehatan, dan pendidikan.

Dengan tata kelola yang baik dari para pembina, pengurus, dan pengawas, pengelolaan kegiatan di lingkungan YKP bank bjb terus berkembang.

Sejak tahun 2011 hingga saat ini, YKP bank bjb kembali dipercaya untuk mengelola bantuan Dana Program THT bank bjb syariah.

BACA JUGA:  Hipmikindo Pangandaran Gali Potensi Sumber Daya Alam

Selain itu, YKP bank bjb juga mengelola bantuan administrasi layanan kesehatan pegawai aktif bank bjb sejak tahun 2012-2016 dan dikelola kembali pada tahun 2019 hingga saat ini. (R003)

BACA JUGA: HUT ke 60, bank bjb Tebar Promo Lucky Birthday 2021

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles