oleh

Ratusan Pedagang Pasar Situraja Sumedang Di-Swab COVID-19

SUMEDANG, ruber.id – Sedikitnya 200 pedagang Pasar Situraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dites swab, Rabu (22/7/2020).

Tes Swab ini dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Situraja.

Camat Situraja Sutisna mengatakan, kegiatan swab tes ini dilakukan untuk mengetahui penyebaran COVID-19, khususnya di Kecamatan Situraja.

“Karena ini pasar desa, sebelumnya kami koordinasi dengan Desa Situraja dan Desa Situraja Utara, untuk tes swab ini. Tujuannya, agar warga di Pasar Situraja terbebas dari COVID-19,” katanya di lokasi swab tes.

Sutisna menjelaskan ada sekitar 200 orang yang mengikuti kegiatan swab tes ini.

“Semua yang mengikuti swab tes ini merupakan pedagang di Pasar Situraja,” jelasnya.

Sutisna menambahkan, pihaknya telah memberitahukan kepada pedagang pasar bahwa akan dilakukan swab tes di Pasar Situraja.

“Alhamdulillah, dari warga tidak ada yang melakukan penolakan, bahkan warga sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini,” ucapnya.

Sutisna berharap, hasi swab tesnya nantu tidak ada seorang pun di antara para pedagang yang terpapar virus corona.

“Mudah-mudahan tidak ada yang terpapar, sehingga warga bisa dengan aman melakukan aktivitas di pasar,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dr. Reny K Anton mengatakan, kegiatan ini dilakukan sesuai permintaan Camat Situraja.

“Karena pasar adalah salah satu tujuan intevensi kami untuk melakukan swab masif, maka dari itu kami bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Situraja.” katanya.

Reny menjelaskan Dinas Kesehatan Sumedang memfasilitasi beberapa petugas dan semua alat penunjang untuk melakukan swab tes.

“Untuk fasilitasnya kami sediakan, untuk peserta swab tes sediri, sudah dikondisikan oleh pemerintah kecamatan,” terangnya.

Reny berharap, hasil dari swab tes di Pasar Situraja ini semuanya negatif.

Namun, kata Reny, protokol kesehatan harus tetap dilakukan oleh seluruh warga dalam mencegah penyebaran COVID-19.

“Bantu kami untuk mencegah, mengendalikan, dan menanggulangi dengan upaya masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan,” sebutnya. (R021/Arief Taufik)

BACA JUGA: Jukir Asia Plaza Sumedang yang Positif Corona Indekos di Angkrek, 4 Keluarga Di-Swab

loading...