oleh

Ragam Komentar Warga Tasikmalaya soal Tol Cigatas, Wagub Jabar: Jangan Percaya Spekulan!

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Warga Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mengomentari beragam ketika ditanya soal rencana pembangunan mega proyek Tol Cigatas atau Gedebage-Tasik-Cilacap (Getaci). Ada yang setuju, ada yang tidak.

Seperti disampaikan warga Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Ruspin, 27. Ia mengaku setuju dengan rencana pemerintah membangun Tol Cigatas, yang juga akan melewati Kecamatan Cibeureum, Tasik ini.

“Kalau saya sih setuju, asalkan pihak yang memiliki lahan berkenan untuk memberikan izin dan menerima dampaknya,” kata Ruspin kepada ruber.id, Sabtu (6/6/2021).

Warga lainnya, Usman, 44, mengaku, setuju dengan adanya pembangunan Tol Cigatas. Menurutnya, dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, nantinya akan lebih mempermudah akses transportasi.

“Kalau saya mah ya setuju saja lah, itu juga kan untuk mempermudah transportasi. Biar (di jalan) lancar gak macet,” kata Usman.

Usman berharap, dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan ini, nantinya tidak berdampak buruk pada lingkungan masyarakat setempat. Dengan kata lain, pemerintah dapat mengelola dampak sosial dan lingkungannya secara baik.

“Yang terpenting mah, asal jangan mengganggu lingkungan masyarakat setempat. Jangan sampai merugikan warga,” ucap Usman.

Sementara itu, tanggapan berbeda datang dari Eem, 43. Ia mengaku tidak setuju jika Cibeureum termasuk ke dalam trase yang akan dilalui Tol Cigatas. Alasannya, ia khawatir nantinya tidak akan ada lagi pedagang di wilayah tersebut.

“Tidak setuju kalau saya mah, nanti bakal sepi atuh (Cibeureum). Gak bakal ada yang dagang lagi, kami juga gak bisa dagang kalau dibangun jalan tol mah,” kata Eem.

Wagub Jabar: Warga Jangan Percaya pada Spekulan
Sementara itu, dalam kesempatan lain, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, saat ini rencana pembangunan Tol Cigatas masih dalam tahap sosialisasi.

“Sekarang ini masih dalam tahap sosialisasi. Kami berharap, warga juga mendukung dalam hal pembebasan lahannya. Dan berpesan, jangan percaya pada spekulan yang datang menjanjikan keuntungan padahal nantinya hanya akan tertipu oleh spekulan itu,” kata Uu saat kunjungan ke Pangandaran, belum lama ini. (rifki/R003)

BACA JUGA: Pemilik Lahan di Kota Tasikmalaya Minta Pemerintah Transparan soal Informasi Tol Cigatas

loading...

Komentar