Kolaborasi Halonesia Digital Network dan bank bjb, Minimalisasi Hoax melalui Literasi Digital di Sukabumi

Kolaborasi Halonesia Digital Network dan bank bjb, Minimalisasi Hoax melalui Literasi Digital di Sukabumi
Foto istimewa

BERITA JABAR, ruber.id – Halonesia Digital Network, bersama dengan bank bjb mengadakan kegiatan literasi digital di Taman Pendidikan Perum Karang Kencana, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Senin, 3 April 2023.

Tujuan dari kegiatan literasi digital ini, untuk memberikan pemahaman dalam keterampilan digital, budaya digital, dan etika digital kepada masyarakat di Kota Sukabumi.

Kegiatan literasi digital ini, menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya.

Yaitu, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Sukabumi dan sekaligus jurnalis Metro TV, Apit Haeruman, dan Ahmad Fikri, jurnalis dari Trans 7.

Mereka memberikan pembelajaran dan edukasi kepada warga tentang bagaimana mengenali literasi digital. Sehingga, masyarakat dapat meminimalisasi penyebaran berita hoax.

Baca juga:  Basarnas Bandung Kukuhkan Forum Koordinasi Potensi Pencarian Pertolongan Daerah Jawa Barat

Apit Haeruman mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Sehingga, mereka dapat memilah berita mana yang riil dan mana yang hoax.

“Hal ini juga, dapat membantu orang tua dalam membatasi berita yang dikonsumsi oleh anak-anak mereka,” ucap Apit.

Salah satu peserta kegiatan literasi digital, Nadia Pratiwi, 28, menyebutkan, kegiatan ini sangat bermanfaat baginya dan orang tua lainnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami dapat membatasi berita hoax yang dikonsumsi dan memahami betul bahwa berita harus dilihat dengan kritis.”

“Tentunya, kegiatan literasi digital ini sangat membantu dalam meminimalisasi penyebaran berita hoax di masyarakat,” ucap Nadia.