oleh

Kasus COVID-19 di Indonesia Sudah Lebih Satu Juta

BERITA NASIONAL, ruber.id – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengumumkan jumlah kasus COVID-19 di Indonesia yang mencapai lebih dari satu juta per Selasa (26/1/2021) jam 12.00 WIB.

Lebih tepatnya total sebanyak 1.012.350 kasus, terhitung sejak diumumkannya kasus perdana pada 2 Maret 2020. Jumlah itu muncul setelah ada penambahan 13.094 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir.

Data yang sama pun menunjukkan penambahan pasien sembuh COVID-19 sebanyak 10.868 orang dalam sehari. Dengan begitu, total pasien sembuh dari COVID-19 kini berjumlah 820.356 orang sejak awal pandemi.

Data juga menunjukkan penambahan 336 pasien COVID-19 yang tutup usia dalam 24 jam terakhir. Sehingga, angka kematian akibat virus Corona di Indonesia saat ini berjumlah 28.468 orang.

Presiden Joko Widodo Titip Pesan ke Menkes

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri untuk rapat terbatas membahas perkembangan kondisi pandemi di Indonesia.

Dia menanggapi kasus COVID-19 yang telah mencapai lebih dari satu juta pada Selasa (26/1/2021). Dirinya dititipi pesan oleh Bapak Presiden untuk menyampaikan ke seluruh rekannya soal penambahan kasus Corona.

“Hari ini adalah hari di mana jumlah orang yang terpapar COVID-19 di Indonesia menembus angka lebih dari satu juta orang,” kata Budi dalam konferensi pers daring yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa sore.

Budi menyebutkan, angka akumulasi kasus Corona pada hari ini bermakna dua hal penting. Pertama, momen hari ini merupakan saat untuk berduka dengan perkembangan terakhir pandemi di Indonesia.

“Karena banyak saudara kita yang sudah wafat, lebih dari 600 tenaga kesehatan (nakes) yang gugur dalam menghadapi pandemi ini. Mungkin sebagian dari keluarga dan teman dekat juga sudah meninggalkan kita,” sebutnya.

Hal itu merupakan momen pertama yang harus dilalui. Bahwa ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia atas angka tersebut.

Kedua, Budi mengajak semua pihak untuk bekerja keras dalam mengatasi pandemi. Dengan demikian, pengorbanan yang sudah dilakukan nakes itu tidak sia-sia.

“Kerja keras ke depan kita harus lebih ekstra. Angka satu juta ini memberikan satu indikasi, bahwa seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah harus bekerja bersama atasi pendemi ini,” terangnya. (R002)

BACA JUGA: Alex Asmasoebrata, Pebalap Nasional asal Tanjungsari Sumedang Tutup Usia

loading...

Komentar