Waspada Peredaran Uang Palsu di Kota Bandung! Dibelanjakan Pengedarnya ke Pasar

Kota Bandung Darurat Uang Palsu
Uang palsu pecahan Rp50.000 yang diterima pedagang di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, langsung dirobek untuk pencegahan penyebaran lebih lanjut. R015/ruber.id

BERITA JAWA BARAT, ruber.id – Warga Kota Bandung, Jawa Barat mesti waspada dengan maraknya peredaran uang palsu. Para pelaku membelanjakan uang palsu tersebut, ke pasar-pasar di Kota Bandung.

Pedagang di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Indra Setiawan menjadi salah satu korban penyebaran uang palsu tersebut.

“Iya, tadi subuh waktu ramai pembeli ada yang nyelip uang palsu Rp50.000. Saking kesal, langsung saya robek-robek uangnya,” ucap Indra kepada ruber.id, Selasa (2/7/2024).

Indra menuturkan, secara kasat mata, uang palsu pecahan Rp50.000 yang diterimanya tersebut terlihat sangat mirip.

“Mirip, makanya ga ngeuh, tapi pas diraba ternyata kertasnya halus, terus saya lihat lagi, eh beneran palsu,” sebut Indra.

Baca juga:  Dinas Sosial Indramayu Sosialisasikan Keputusan Mensos Nomor 150 Tentang DTKS

Indra menambahkan, ia langsung merobek-robek uang palsu tersebut karena takutnya tak sengaja dijadikan kembalian.

“Takutnya nyampur sama yang lain terus gak sengaja saya gunakan buat kembalian. Kalau gitu, kasian juga kan ke pelanggan yang biasa beli ke tempat saya,” sebutnya.

Indra menambahkan, sebelumnya, pedagang lainnya di Pasar Sadang Serang juga pernah mendapatkan uang palsu pecahan Rp100.000.

“Sebelumnya, ada juga pedagang di sini yang dapat uang palsu pecahan Rp100.000. Sama, uangnya langsung dirobek karena takut,” jelasnya.

Indra berharap, banyaknya peredaran uang palsu di Kota Kembang sekarang ini, menjadi perhatian pihak terkait.

“Iya sepertinya ada yang sengaja nyebarin, harapan kami, penyebar uang palsu itu bisa segera ditangkap. Karena merugikan masyarakat juga,” harapnya.