Pengendalian Inflasi di Kota Bandung, dari Pemantauan Harga Hingga Pasar Murah

Pengendalian Inflasi di Kota Bandung
Foto Diskominfo Kota Bandung/ruber.id

BERITA JABAR, ruber.id – Pemkot Bandung terus berupaya untuk mengendalikan inflasi. Oleh karenanya, Pemkot Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung selalu memantau harga komoditas pokok di pasaran.

Termasuk memastikan stok bahan pokok untuk masyarakat mencukupi.

“Salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi di Kota Bandung. Yaitu, monitoring rutin baik itu stok atau ketersediaan hingga harga kebutuhan bahan pokok,” Kata Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah, di Balai Kota Bandung, Rabu 11 Januari 2023.

Jika harga kebutuhan pokok mengalami kelangkaan dan kenaikan harga di atas rata-rata, Disdagin Kota Bandung juga melaksanakan kegiatan pasar murah.

Kegiatan tersebut biasa digelar di kecamatan. Pasar murah juga biasa dilakukan menjelang hari-hari besar keagamaan.

Baca juga:  bank bjb Raih The Best Digital Banking Innovation & The Best Banking in Financial Inclusion

“Kita lakukan kegiatan ini di setiap kecamatan, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan momentum untuk melengkapi kebutuhannya,” kata Elly.

Agenda terdekat kali ini yaitu menghadapi bulan Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri.

“Bulan Ramadan itu pada Maret, kita akan rapat mengundang distributor soal kebutuhan pokok. Seperti beras, minyak, terigu dan gula. Kita coba rapat dan ingin tahu kesediaan stok bulan Ramadan.”

“Tiap Ramadan juga menjelang lebaran kebutuhan pasti meningkat, istilahnya ‘Munggahan’. Semua beli (keburuhan pokok). Ini sesuatu yang tiap tahun akan terjadi. Kami berupaya untuk monitoring stok ketersediaan juga harga,” ucapnya.

“Kebutuhan yang meningkat itu biasanya telur, daging sapi, dan ayam. Tiga komoditas yang selalu jadi primadona,” ujarnya.