Jadi Jalur Alternatif Tasik-Ciamis Paling Favorit, Jembatan Cirahong Akan Ditutup Total

  • Bagikan
Jembatan Cirahong akan ditutup total
Jembatan Cirahong akan ditutup total untuk sementara waktu. rifki/ruber.id

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Jembatan Cirahong yang kerap dijadikan jalur alternatif. Penghubung Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis akan ditutup total untuk sementara waktu. PT KAI akan menutup jembatan yang kini berusia 182 tahun ini mulai 1- 30 Juli 2021.

Jembatan Cirahong merupakan satu-satunya dan menjadi jalur alternatif favorit warga di wilayah perbatasan Tasikmalaya dan Ciamis. Akan tetapi, melihat kondisi jembatan eks jalur kereta api ini, memang perlu banyak perbaikan.

Jembatan Cirahong Ditutup Total Selama 1 Bulan

Salah seorang warga, Wardiana, 45, mengatakan, perbaikan jembatan legendaris ini akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2021 hingga 30 juli 2021. Selama perbaikan berjalan, akses kendaraan roda dua maupun roda empat akan diberhentikan sementara.

Baca juga:  Silaturahmi dengan Pengurus Ranting, Ketua Bhayangkari Cabang Tasikmalaya Kota Ingatkan Efek Negatif Medsos

“Menurut informasi, mulai tanggal 1-30 Juli 2021 akan ada perbaikan dari PT KAI. Dan aksesibilitas kendaraan bermotor dari Tasikmalaya ke Ciamis maupun sebaliknya akan ditutup,” kata Wardiana kepada ruber.id, Kamis (1/7/2021).

Perbaikan dan Pemeliharaan Sering Dilakukan

Menurutnya, perbaikan jembatan ini sudah sering dilakukan. Karena, melihat kondisinya saat ini, memang banyak besi yang berkarat. Selain itu, kayu baloknya juga sudah lapuk dimakan usia. Sehingg, memerlukan perawatan berkala.

“Sudah sering (pemeliharaan), ini sudah kesekian kalinya. Ya, besi-besi juga sudah mulai berkarat. Dan kayu balok sudah banyak yang lapuk harus diperbaiki,” kata Wardiana.

Wardiana mengaku, sebagai warga sekitar mendukung dengan rencana perbaikan Jembatan Cirahong ini. Ia juga tidak merasa keberatan apabila akses penghubung Tasik-Ciamis ini harus ditutup total selama satu bulan.

Baca juga:  Dari Mulutnya Keluar Buih, Mayat Remaja Ini Bikin Heboh Warga Pasar Indihiang Tasikmalaya

“Secara pribadi, saya sangat mendukung dengan rencana tersebut. Kami ama sekali tidak keberatan kalau Jembatan Cirahong harus ditutup total selama satu bulan. Itu juga untuk mempermudah proses perbaikannya,” kata Wardiana. (rifki fauzal gozali)

  • Bagikan