Bupati Nina Ajak Warga Indramayu Manfaatkan Pekarangan Rumah

Bupati Nina Ajak Warga Indramayu Manfaatkan Pekarangan Rumah

BERITA INDRAMAYU, ruber.id – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar mengajak warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sejumlah tanaman. Sehingga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bupati Nina mengatakan, pemanfaatan pekarangan rumah ini manfaatnya supaya masyarakat dapat memperoleh barang kebutuhan pokok. Sekaligus sebagai upaya, untuk menekan inflasi di Indramayu, Jawa Barat.

Ajakan ini, Bupati Nina sampaikan melalui para camat dan kepala desa se-Kabupaten Indramayu.

Di mana, Bupati Nina meminta agar para camat dan kepala desa menyosialisasikan pemanfaatan lahan pekarangan untuk tumbuh-tumbuhan ini.

Tanaman yang ditanam di pekarangan tersebut seperti cabai, tomat, bawang, dan tanaman lainnya yang bermanfaat untuk dikonsumsi.

Nina menjelaskan, para camat dan kuwu se-Kabupaten Indramayu harus menggiatkan upaya pemanfaatan pekarangan ini untuk dibuat Puspa (Pusat Pangan Desa).

Baca juga:  Pembangunan IPAL Komunal Dan TPS 3R, Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat

Sehingga, bisa diikuti oleh warga untuk mengendalikan inflasi daerah. Selain itu, tanaman tersebut dapat bermanfaat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan mudah dan murah.

“Kepada camat se-Kabupaten Indramayu sudah belum melaksanakan penanaman seperti cabai di pekarangan rumah masyarakatnya.”

“Kita akan membuat Pusat Pangan Desa (Puspa). Insya Allah tahun ini, semuanya akan terealisasi.”

“Saya ingin, camat untuk menginstruksikan kepada kepala desa agar mengimbau masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan ini,” ujar Bupati Nina. Saat memberikan sambutan, sekaligus membuka kegiatan Pasar Murah yang berlangsung di Pasar Daerah Losarang Desa Krimun Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu, Rabu, 4 Januari 2023.

Pada kesempatan ini, Bupati Nina meminta Camat Tukdana Asep Affandy untuk melaporkan sejauh mana Pemcam Tukdana memanfaatkan pekarangan. Sebagaimana, intruksi Bupati Indramayu.

Baca juga:  Penuh Filosofi, Ini Makna Rangkaian Imlek di Kota Bandung

Camat Tukdana Indramayu Mulai Manfaatkan Pekarangan Rumah

Camat Tukdana Asep Affandy mengatakan, pihaknya telah memanfaatkan pekarangan sebagai tempat budidaya ikan menggunakan drum dan sudah beralih ke kolam trepal.

Hal ini, untuk menggiatkan kembali masyarakat gemar makan ikan. Dengan tujuan, sebagai upaya menekan stunting atau gagal tumbuh kembang anak akibat kekurangan gizi.

“Kami di Kecamatan Tukdana, sudah diperintahkan dari awal memanfaatkan pekarangan. Sebagai tempat budidaya ikan lele yang sekarang memakai terpal,” kata Asep.

Asep menyebutkan, pihaknya juga telah mengintruksikan kepala desa di wilayahnya untuk memanfaatkan pekarangan menjadi Puspa.

“Kami dari Kecamatan Tukdana sedang dalam proses, tetapi sekarang sudah mulai dilakukan.”

“Terima kasih ibu yang sudah memproteksi masyarakat Indramayu untuk pengendalian inflasi,” ujar Asep.

Baca juga:  Kebelet Buang Hajat, Warga Baleendah Bandung Tenggelam di Sungai Cisangkuy

Asep mengapresiasi, gagasan Bupati Nina, yang mengintruksikan seluruh camat dan kepala desa memanfaatkan lahan pekarangan menjadi Puspa.

Sehingga, kata Asep, perekonomian Kabupaten Indramayu tetap tumbuh, dan inflasi dapat terkendali.

Keuntungan lainnya, kata Asep, yakni bagi masyarakat dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan mudah, tanpa perlu membeli.

“Betul, upaya Kabupaten Indramayu tahun 2023 ini ekonomi tetap tumbuh.”

“Sehingga, Ibu Bupati untuk pengendalian inflasi ini adalah dengan memanfaatkan yang ada di sekitar dan mengajak masyarakat, minimalnya dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Mulai dari menanam cabai, tomat dan lainnya.”

“Karena, kalau cabai, tomat ini sudah tumbuh, maka masyarakat tidak usah membeli. Jadi uangnya bisa untuk beli beras dan kebutuhan pokok lainnya,” terang Asep.