PANGANDARAN, ruber — Pengawasan Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran diperketat, Jumat (11/1/2019).

Hal ini bertujuan untuk mencegah penyelundupan barang terlarang. Sehingga pihak bandara memperketat pemeriksaan barang, dan calon penumpang pesawat di bandar udara tersebut.

BACA JUGA: Pangandaran Jadi KEK, Bandara Nusawiru Berubah Status

Koordinator Bandara Nusawiru Hendra Gunawan mengatakan, sebelumnya pemeriksaan calon penumpang pesawat di Bandara Nusawiru dilakukan secara manual.

“Pemeriksaan barang calon penumpang pesawat sebelumnya dengan cara digeledah tas yang dibawa, dibuka satu persatu,” kata Hendra kepada ruber.

Pemeriksaan barang secara manual tersebut, terkadang terkesan tidak etis dan banyak privasi calon penumpang yang terganggu oleh petugas.

“Kami sekarang memiliki alat untuk fasilitas pemeriksaan barang dan calon penumpang pesawat,” tambah Hendra.

Alat tersebut, kata dia, meliputi alat pemeriksaan barang bawaan tas besar, alat pemeriksaan tas kecil dan alat pemeriksaan tubuh calon penumpang.

“Dengan alat tersebut, jika ada calon penumpang yang membawa barang terlarang akan terdeteksi,” papar Hendra.

Hendra menjelaskan, pemberlakuan pemeriksaan barang dan calon penumpang pesawat diberlakukan di seluruh Bandara di berbagai negara.

“Tujuannya dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya penerbangan,” jelas Hendra.

Hendra menerangkan, selama bertugas di Bandara Nusawiru belum pernah menemukan penyelundupan barang terlarang seperti narkoba dan barang terlarang lainnya. red

loading…