27.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 19, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Upacara Kemerdekaan RI di Kodim 0610/Sumedang, Dandim Ajak Kilas Balik Menuju Detik-detik Proklamasi

SUMEDANG, ruber.idPelaksanaan upacara HUT ke 74 Republik Indonesia di Makodim 0610/Sumedang berlangsung khidmat, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Dalam kesempatan ini, Inspektur Upacara Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh. Novianto Firmansyah menyampaikan amanat Panglima Kodam III/Siliwangi kepada seluruh peserta upacara yang hadir.

Dandim mengatakan, pelaksanaan upacara HUT RI setiap tahun ini sepatutnya menjadi momen-momen istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya kita di Sumedang, bisa membawa kembali untuk flashback pada sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia 74 tahun silam.

“Saat bapak pendiri bangsa kita Soekarno dan Muhammad Hatta proklamirkan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sesungguhnya memberikan pelajaran bagi kita bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan, harus mengedepankan langkah konkret. Tidak harus menunggu moment yang sempurna,” ucapnya.

BACA JUGA:  Waduh, Sarjana di Indonesia Setara dengan Lulusan SMA di Denmark

Bagi TNI AD, khususnya Kodam III/Siliwangi, kata Dandim, kemerdekaan adalah refleksi dari kedaulatan bangsa yang dijamin dan dijaga oleh para pengawalnya. Yaitu para prajurit bersama komponen bangsa lainnya.

“Para prajurit Kodam III/Siliwangi, baik yang sedang berada di home base, maupun yang ada di wilayah perbatasan, di daerah konflik, di wilayah terpencil, di pedesaan, di kota-kota, dan bahkan di luar negeri.”

“Dengan segenap kemampuan dan pengorbanannya adalah alasan sehingga bangsa kita masih tegak berdiri, berdaulat, dan dihormati di dunia,” sebutnya.

Oleh karena itu, selaku Pangdam III/Siliwangi dan pribadi menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada prajurit, dan PNS Kodam III/Siliwangi beserta keluarganya.

BACA JUGA:  Lahan Kering di Tiga Titik Lokasi di Tanjungsari dan Sukasari Sumedang Terbakar

“Lebih khusus lagi kepada mereka yang telah berkorban jiwa raga, terluka, dan gugur demi tugas negara,” tuturnya.

Sesuai amananat Panglima Kodam III/Siliwangi, Dandim Sumedang menambahkan sesuai tema yang diusung pada peringatan hari proklamasi tahun ini ‘SDM Unggul Indonesia Maju’.

Ini menunjukkan bahwa keunggulan Sumber Daya Manusia adalah modal utama kita untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang untuk maju.

“Untuk itu, mari kita wujudkan tekad tersebut dengan meningkatkan profesionalisme, kinerja, dan dedikasi di bidang tugas masing-masing, sebagai sumbangsih untuk kemajuan bangsa,” katanya dalam upacara di Makodim Sumedang. luvi

loading…


Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles