28.4 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
spot_img

Terendam Air Waduk Jatigede, Jalan Penghubung 3 Desa Terancam Putus

SUMEDANG, ruber — Akibat meluapnya air Waduk Jatigede, tiga desa di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang terancam akan terisolasi.

Sebab, jembatan yang berlokasi di Blok Anggaranu, Desa Sirnasari, Kecamatan Jatinunggal sudah hampir hilang terendam air Waduk Jatigede.

Akibat kondisi itu, kini menimbulkan konflik di lingkungan masyarakat di 3 desa tersebut. Yakni Desa Ciranggem, Desa Cisampih, dan Desa Mekarasih.

Salah seorang warga Desa Mekarasih Sihabudin mengatakan, meski dalam kondisi buruk akses jalan yang masuk ke wilayah Desa Sirnasari Kecamatan Jatinunggal itu biasa dilaluinya untuk beraktivitas ke pusat perkotaan.

“Akses jalan lain terlalu jauh dan lebar jalannya pun kecil. Jalan ini satu-satunya akses untuk kami beraktivitas, ada juga jalan lain, tapi selisih perbandingan jaraknya sekitar 2.5 kilometer,” ujarnya kepada ruber, Selasa (19/3/2019).

BACA JUGA:  Timsus 1901 Sosialisasikan Jokowi-Ma'ruf Lewat Bazar
BACA JUGA:  Kontak Erat dengan MAF, 2 Warga Sumedang Selatan Positif Corona

Selain itu, kata dia, jika sampai jalan tersebut terendam air waduk, maka akan berdampak kepada menurunnya perekonomian masyarakat dan terganggunya aktivitas pendidikan.

“Dampaknya akan sangat buruk, kalau sampai jalan itu tergenang oleh air waduk Jatigede,” sebutnya.

Oleh sebab itu, masyarakat berharap, sebelum jalan lingkar tersebut dituntaskan maka diupayakan tidak digenangi air. Walaupun memang kenyataanya akses jalan yang biasa dilalui saat ini statusnya telah dibebaskan.

“Kalau jalan lingkar sudah selesai, kami tidak akan mempermasalahkan jalan tersebut digenang. Sebab, memang sudah dibebaskan,” pintanya.

Paskadigenangnya waduk Jatigede tersebut, katab dia, akses-akses vital yang merupakan akses penunjang bagi kehidupan di tiga desa tersebut dilumpuhkan.

BACA JUGA:  Potensi Konflik Sosial di Sumedang: Tol Cisumdawu hingga Gudang Obat Keras
BACA JUGA:  Timsus 1901 Sosialisasikan Jokowi-Ma'ruf Lewat Bazar

Sehingga pada akhirnya warga harus menggunakan akses yang saat ini nyaris terendam.

Bahkan, untuk menuju kantor Kecamatan Jatigede, warga dan pemerintah desa harus menempuh jarak yang sangat jauh melewati beberapa kecamatan lain yang ada di wilayah timur Sumedang.

“Selama ini kami sudah terisolasi, masa sekarang kami harus menambah penderitaan lagi,” sebutnya. bay

JEMBATAN di Blok Anggaranu, Desa Sirnasari kini kondisinya hampir terendam oleh air waduk Jatigede. bay/ruang berita
loading…


Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles