Sumedang Sabet Penghargaan sebagai Daerah Sangat Inovatif

IGA Award
KEPALA Litbang Kemendagri Agus Fatoni kepada SekretarisĀ Bapppeda Sumedang Sajidin di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12/2020). dok humas sumedang/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Kabupaten Sumedang sukses menyabet penghargaan sebagai daerah sangat inovatif pada ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2020.

Penghargaan ini tentunya menjadi kado istimewa bagi seluruh jajaran pemerintahan di bawah kepemimpinan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir pada pengujung tahun 2020 ini.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri Agus Fatoni kepada Sekretaris Bapppeda Sumedang Sajidin di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Penganugerahan ini merupakan apresiasi Kemendagri terhadap semangat, daya, upaya dan keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan cara yang inovatif berdasarkan pada Indeks Inovasi Daerah tahun 2020.

Berdasarkan UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38/2018 tentang Inovasi Daerah.

Baca juga:  Pemkab Sumedang Bantu Balita Penderita Hidrocefalus

Serta Permendagri Nomor 104/2018 tentang Penilaian Pemberian dan Penghargaan atau Insentif Inovasi Daerah, Kemendagri diamanatkan untuk melakukan pengukuran Indeks Inovasi Daerah.

Kemendagri memberikan penghargaan terhadap langkah besar yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan tujuan mendorong reformasi sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melalui ajang Innovative Government Award (IGA).

Sebelumnya, Kemendagri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan juga telah melakukan tahapan penjaringan berupa penginputan data yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap penerapan inovasi daerah secara online sejak 14 Mei 2020, melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri.

Aplikasi ini merupakan perangkat yang dibuat khusus dalam rangka penilaian Indeks Inovasi Daerah dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak.

Baca juga:  Karaoke dan Bioskop di Sumedang Segera Buka, Tapi...

Di Kabupaten Sumedang sendiri, input data penerapan inovasi dilakukan oleh setiap perangkat daerah.

Diketahui, pada tahun 2020 ini, tercatat ada sebanyak 62 inovasi dari seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang diinput ke dalam aplikasi Indeks Inovasi Daerah Kemendagri.

Hal itu, terdiri dari 4 inovasi inisiatif, 3 inovasi uji coba dan 55 inovasi penerapan.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyebutkan, dari penilaian hasil input tersebut, Kabupaten Sumedang mendapatkan Innovative Government Award (IGA) dengan predikat Sangat Inovatif bersama dengan 163 pemerintah daerah lainnya se-Indonesia.

“Dengan diraihnya IGA ini tentunya akan semakin memotivasi Pemkab Sumedang untuk dapat terus berinovasi dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (R003)

Baca juga:  Bejat, Siswi SMP di Sumedang Dicabuli 5 Orang Secara Bergiliran

BACA JUGA: SAKIP Desa Kembali Hantarkan Sumedang Raih Penghargaan di Tingkat Nasional