Tuesday, 7 Apr 2020

Sektor Perikanan Diharapkan Mampu Entaskan Kemiskinan di Pangandaran

Baca Juga

Kapal Jaya Abadi Terbalik di Perairan Pangandaran, 1 Nelayan Hilang

Kapal Jaya Abadi Terbalik di Perairan Pangandaran, 1 Nelayan Hilang PANGANDARAN, ruber.id -- Perahu nelayan Jaya Abadi terbalik di Perairan Muara Sungai Bojong Salawe, Desa...

Buaya Terlihat di Perairan Pantai Timur Pangandaran, Wisatawan Heboh

PANGANDARAN, ruber -- Ratusan warga dan sejumlah wisatawan dihebohkan dengan munculnya seekor buaya di perairan Pantai Timur Pangandaran, Senin (22/4/2019) siang. Keberadaan buaya tersebut awalnya...

Remaja yang Tenggelam di Situ Saradan Subang Ditemukan Tewas

Remaja yang Tenggelam di Situ Saradan Subang Ditemukan Tewas SUBANG, ruber.id -- Mulyana, 16, alias Udo, remaja yang dikabarkan hilang tenggelam di Situ Saradan, Kabupaten...

Viral! Tali Bendera Copot Saat Peringatan HUT RI di Kota Banjar

BANJAR, ruber.id -- Video insiden copotnya tali bendera merah putih saat upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT ke 74 RI di Kota Banjar viral...

PANGANDARAN, ruber.id — Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, berharap program yang akan dilaksanakan Program Keluarga Harapan bisa mengurangi kemiskinan.

Pemkab Pangandaran menargetkan setiap tahun ada 10% dari 16.893 Keluarga Penerima Manfaat yang naik kelas menjadi keluarga sejahtera melalui sektor perikanan.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, Pemkab akan membantu permodalan untuk kelompok peserta PKH melalui budidaya ikan mujair, sebanyak 785 kelompok sudah terbentuk.

Sehingga, kata Jeje, kebutuhan ikan mujair untuk KPM di Pangandaran akan terpenuhi dan tidak membeli dari luar kabupaten.

“Setiap bulan penerima BPNT itu diberi beras 8 kg, sayuran, telur dan ikan mujair,” katanya dalam pertemuan silaturahmi dengan pendamping PKH, TKSK, bidan desa dan penyuluh pertanian se kabupaten di Hotel Pangandaran, Rabu (19/2/2020).

Jeje menyebutkan, harga ikan mujair saat ini Rp28.000/kg, sedangkan kebutuhan ikan untuk program BPNT mencapai 25 ton/bulan atau kurang lebih 300 ton/tahun.

Maka, kata Jeje, dalam 1 tahun itu ada Rp8.4 miliar uang yang berputar di sektor perikanan.

Terlebih, pihaknya sudah menginstruksikan ke dinas terkait untuk tidak membeli ikan mujair dari luar Pangandaran.

Langkah itu juga untuk merangsang pembudidaya ikan di Pangandaran. Di sisi lain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan begitu, KPM dapat mandiri secara ekonomi sehingga tidak perlu lagi menjadi peserta PKH. (R002/dede ihsan)

Loading...

Komentar

loading...
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Rentan Terpapar Corona, 100 Jurnalis di Depok Jalani Rapid Test

DEPOK, ruber.id - Seratus jurnalis yang aktif melakukan peliputan di wilayah Depok, Jawa Barat menjalani tes rapid test, Senin (6/4/2020).

Pamsimas di Sumedang Selatan Ditutup Warga, Ini Alasannya

SUMEDANG SELATAN, ruber.id - Masyarakat di Lingkungan RT 05/04 tutup Pamsimas di Desa Sukagalih, Sumedang Selatan, Sumedang, Senin (6/4/2020).

Di Sumedang Utara, Bantuan untuk Pedagang di Sekolah Sudah Disalurkan

SUMEDANG UTARA, ruber.id - Bantuan sembako dari Pemkab Sumedang, Jawa Barat sudah dibagikan kepada para pedagang di sekolah.

Warga Sumedang Tewas Tersambar Petir

UJUNGJAYA, ruber.id - Kiki Arta, 59, warga Duaun Pasir Tengah RT 01/05, Desa Keboncau, Kecamatan Ujungjaya, Sumedang tewas tersambar petir, Senin (6/4/2020)...

Ada Lapak Asik, BPJamsostek Sumedang Pastikan Layanan Klaim JHT Normal Selama Pandemi COVID-19

SUMEDANG, ruber.id - BPJamsostek (Badan Penyelanggara Jaminan Sosial Ketenegakerjaan) Kantor Cabang Sumedang memastikan setiap pelayanan pencairan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) berjalan...