21.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

PKS Jabar Bagikan Ratusan Ribu Paket Kurban, Solusi bagi Warga Terdampak Pandemi Covid-19

BERITA JAWA BARAT, ruber.id – DPW PKS Jabar membagikan ratusan ribu paket daging kurban, Kamis (22/7/2021). Paket tersebut dibagikan kepada warga yang terdampak langsung Pandemi Covid-19.

PKS Tebar 1 Juta Paket Qurban

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Provinsi Jawa Barat, Haru Suandharu menyebutkan, pembagian paket kurban ini, merupakan program nasional PKS. Dengan tema Tebar 1 Juta Paket Qurban. Program ini menjadi bagian dari Syiar Kurban 1442 Hijriah.

“PKS Jabar membagikan total 236.950 paket daging kurban. Dengan rincian hewan kurban berupa sapi 397 ekor, dan domba 1.563 domba ekor,” kata Kang Haru. Kepada ruber.id.

Kang Haru menjelaskan, belajar dari kaidah ibadah kurban. Yang sampai itu taqwa, bukan dagingnya. Untuk itu, dalam konteks Pandemi Covid-19 ini, tindakan pertama yang mesti dilakukan ialah taqorrub ilallaah. Yakni dengan cara bertaubat dan berqurban.

BACA JUGA:  Tim SAR Temukan Mancing Mania yang Tenggelam di Waduk Cirata

Idul Kurban Memupuk Kepekaan Sosial

Kurban, kata Kang Haru, juga memupuk kepekaan sosial. Hal ini sesuai dengan uraian arahan Ketua Majelis Syuro PKS, Dr. Salim. Di mana, kurban merupakan momen pembelajaran. Meningkatkan kedekatan diri kepada Allah dan pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu, ibadah kurban juga merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Membantu warga yang terpapar dan terdampak Covid-19. Mengingat Indonesia sudah menjadi episentrum baru bagi Pandemi Covid-19. Terutama, di wilayah Jawa Barat yang telah mencetak rekor tertinggi kasus baru,” kata Kang Haru.

Diketahui, saat ini, kasus harian Covid-19 di Jawa Barat mencapai 5.950 kasus, Kamis 22 Juli 2021 pukul 12.00 WIB. Hal ini merupakan perkembangan yang sangat mengkhawatirkan.

BACA JUGA:  Lupa Cabut Kartu ATM, Uang Rp6 Juta Raib Dicuri Orang

Ajak Kader PKS Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan 6M

Untuk itu, Kang Haru meminta semua anggota PKS melaksanakan protokol kesehatan 6M. Dan terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Tidak hanya ketika Idul Adha. Namun, sebagaimana pesan Ketua Majelis Syuro PKS, Dr Salim, agar di hari-hari ke depan terus membersamai dan melayani masyarakat.

Kang Haru meminta insan PKS Jawa Barat disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M. Yaitu memakai masker, disarankan masker medis. Mencuci tangan, setidaknya cuci tangan selama 20 detik dan memakai sabun. Menjaga jarak fisik, mininmal 1 meter.

Kemudian, membatasi mobilitas, memilih untuk berdiam di rumah untuk membatasi pergerakan. Menghindari keramaian atau kerumunan. Dan melaksanakan vaksinasi.

“Saat ini, PKS terus mengampanyekan 6M melalui akun media sosial. Selain itu, mengintruksikan kepada seluruh kader untuk mengampanyekan hal yang sama,” jelas Kang Haru.

BACA JUGA:  Jumlah Hewan Qurban di Pangandaran Diprediksi Menurun

PKS Jabar Tambah Armada Ambulans

Kang Haru menambahkan, dalam upaya menanggulangi Covid-19, DPW dan DPD PKS se Jawa Barat telah menambah armada ambulans. Untuk dipergunakan mengantar pasien Covid-19 ataupun Non-Covid-19.

Selain itu, melaksanakan pelatihan pengurusan jenazah Covid-19. Penyediaan tabung oksigen, APD. Dan mempersiapkan daging kurban dalam bentuk kornet, untuk sebagian masyarakat terdampak Pandemi Covid-19.

“Harapan kami, masyarakat dapat segera terlayani kesehatannya. Tidak lagi mengantre di IGD rumah sakit. Seperti yang terjadi beberapa pekan ke belakang. Semoga Allah SWT, segera mengangkat wabah Covid-19 ini dari muka bumi. Dan menjaga seluruh warga Jawa Barat senantiasa sehat wal afiat,” sebut Kang Haru. (R003)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles