28.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Pesona Curug Teduh Tasikmalaya

BERITA WISATA, ruber.id – Banyak sekali objek wisata di Nusantara yang masih memiliki keindahan alam nan asri dan menakjubkan. Salah satunya, Curug Teduh. Berlokasi di Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Air terjun yang satu ini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Selain menawarkan keindahan alam yang masih terjaga keasriannya, di Curug Teduh juga terdapat banyak spot foto menarik.

Dibangun oleh Komunitas Touring Camp

Curug Teduh, Manonjaya ini pertama kali dijadikan tempat wisata pada tahun 2018 oleh Komunitas Touring Camp Tasikmalaya.

Saat itu, Komunitas Touring Camp Tasikmalaya berinisiatif untuk menjadikan Curug Teduh sebagai objek wisata alam. Dengan membangun spot foto, shelter, kamar mandi, dan kantin kecil yang semuanya terbuat dari bambu.

BACA JUGA:  MOB Terhempas di Pelabuhan Cibako, Warga Garut Tenggelam
BACA JUGA:  Pembatalan Haji dan Umroh 2021, Jemaah asal Tasikmalaya Wajib Tahu

Selain untuk menikmati keindahan air terjun dan berswafoto, pengunjung juga dapat menyewa perahu karet dan pelampung untuk berenang di sekitar Curug Teduh. Tak heran, dengan pesonanya nan asri, banyak YouTuber dan fotografer yang sengaja berkunjung untuk melakukan vlog dan dokumentasi.

Namun, sejak tahun 2020 hingga saat ini, Curug Teduh ditutup sementara oleh pengurus desa. Penutupan sementara ini disebabkan, situasi Tasikmalaya yang sedang dilanda wabah Covid-19. Ini dilakukan dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dibuka Lagi Tahun 2022

Salah seorang anggota komunitas, Muhammad Firman Mulyana, 18, mengatakan, Curug Teduh akan dibuka kembali pada tahun 2022. Sebelum pembukaan, pihaknya akan melakukan perbaikan dan penataan ulang di lokasi Curug Teduh.

BACA JUGA:  KPK Segel Ruang Dirut RSUD dr. Soekardjo dan Kantor PUPR
BACA JUGA:  Kakek Tertimbun Longsor Cisayong Tasikmalaya Masih Dicari

“Insya Allah, menurut informasi dari pengurus, tahun depan, Curug Teduh akan dibuka kembali. Semoga tidak ada kendala ya. Dan semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir,” kata Firman di lokasi Curug Teduh.

Selain itu, lanjut Firman, pihaknya akan melakukan pelebaran jalan menuju lokasi Curug Teduh. Dengan adanya izin dan bantuan dari pemerintah dan warga setempat, pihaknya merasa senang dan terbantu.

“Nanti, jalan menuju ke lokasi mau digedein. Menurut informasi yang kami dapatkan, akan ada bantuan dari pemerintah dan warga setempat untuk pelebaran jalan ini,” kata Firman. (Rifki Fauzal Gozali)

BACA JUGA: Pesona Tonjong Canyon Tasikmalaya dengan Keindahan Bak Surga

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles