21.4 C
Indonesia
Rabu, Juli 28, 2021
spot_img

Pesona Tonjong Canyon Tasikmalaya dengan Keindahan Bak Surga

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Tonjong Canyon Tasikmalaya merupakan salah satu wisata yang berada di Setiawargi, Tamansari, Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat wisata tersebut menjadi wisata yang cukup populer dan diburu banyak wisatawan. Terutama waktu liburan dan hari besar.

Lokasi tersebut selalu penuh dengan pengunjung. Mereka ingin menikmati pengalaman liburan menyenangkan dan menikmati pesona Tasikmalaya yang memiliki keindahan tersembunyi.

Daya Tarik Wisata Tonjong Canyon
Keberadaan Tonjong Canyon yang penuh dengan keindahan mendorong pemerintah setempat untuk melakukan pengembangan serta penataan tempat tersebut.

Dengan penataan tersebut akhirnya tempat wisata ini semakin dilirik oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Melansir dari media lokal Tasikmalaya, konsep dari wisata ini mirip dengan Green Canyon Arizona Amerika Serikat yang populer dengan kegiatan raftingnya.

Sama seperti halnya Green Canyon, Tonjong Canyon ini juga memiliki tebing-tebing curam dan jernihnya air sungai yang menawan.

Bagi Anda yang mendambakan ketenangan, dengan mengunjungi tempat ini Anda bisa melepas penat. Sensasi wisata yang tak terlupakan sepenuhnya akan Anda dapatkan.

BACA JUGA:  Brigez DPC Padakembang Berikan Sembako dan Santunan kepada Anak Yatim
BACA JUGA:  Libur Lebaran, Kebun Bunga Begonia Lembang Dipadati Pengunjung

Wisatawan dapat melakukan kegiatan body rafting di sungai tersebut. Kegiatan rafting bisa dilakukan di Sungai Ciwayang Tasikmalaya. Setiap wisatawan merasakan sensasi rafting yang menantang.

Pasalnya, arus sungai di sana begitu deras dengan medan yang terjal. Selama rafting, wisatawan akan mendapati ukiran alam pada bebatuan, relief di kanan, dan kiri sungai yang memanjakan mata.

Perbedaannya dengan Green Canyon adalah dari rimbunnya pepohonan nan hijau yang ada di kawasan tersebut. Tebing khas dengan rimbunan pepohonan menjadi spot foto yang unik.

Wisatawan dapat menguji nyali di sana dengan melompat dari atas tebing dan menceburkan ke dalam sungai. Dengan begitu, adrenalin wisatawan dapat tertantang tatkala tubuh melayang menghujam permukaan air.

Tips Menikmati Wisata Tonjong Canyon

Wisata Tonjong Canyon memiliki keindahan panorama, tebing, dan sungai yang jernih kebiruan. Hal tersebut dapat dinikmati dengan berenang, rafting, serta foto selfie yang unik.

BACA JUGA:  Basarnas Bandung Terjunkan Tim, Cari Penyadap Nira yang Hilang di Sungai Ciputrahaji Ciamis

Cara menikmati keindahan selanjutnya dengan menggantung atau hammocking di atas pepohonan. Dengan begitu, wisatawan dapat menikmati suasana sekitar sungai yang sejuk.

Kegiatan tersebut belum tentu bisa dinikmati di tempat lain. Sehingga menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

BACA JUGA:  Ribuan Jamaah Padati Gedung IAIC Tasik, Hadiri Harlah Muslimat NU ke-73 dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Bahkan wisatawan bisa menikmati keindahan sungai dengan naik di atas perahu dan melihat ukiran batu stalagtit dan stalagmit sepanjang jalan menuju air terjun.

Selain itu, wisatawan dapat menyewa pelampung untuk berenang serta safety body. Cara menikmati liburan di Tonjong Canyon selanjutnya adalah menantang adrenalin dengan melompat dari tebing bebatuan ke sungai.

Sungai tersebut memiliki kedalaman antara 8 hingga 10 meter. Namun wisatawan harus berhati-hati untuk melakukan kegiatan di sungai tersebut. Agar aman melompat dari tebing, wisatawan diperkenankan menggunakan pengaman yang sudah disediakan pengelola.

Selain itu, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun di Curug Tonjong. Lokasi Curug tersebut memang tersembunyi, namun masih di kawasan Tonjong Canyon.

BACA JUGA:  Tagana Kabupaten Tasikmalaya Bangun Jembatan Gantung di Cibalong

Posisi yang tersembunyi tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Terutama untuk menikmatinya wisatawan harus mengarungi sungai terlebih dahulu dengan jarak tertentu.

Wisatawan dapat mengabadikan momen liburan dengan spot berlatar belakang tebing serta air terjun yang menawan. Hasilnya akan lebih bagus dan berbeda dari wisata lainnya.

Harga Tiket dan Rute Perjalanan
Harga tiket masuk hanya Rp10.000 hingga Rp20.000. Rute bisa dimulai dari arah Kota Tasikmalaya ke Karangnunggal dan belok ke kiri menuju Cipatujah. Selanjutnya jalan terus ke arah Desa Nagrog.

BACA JUGA:  4 Siswa Shizouka Gakuin Jepang Akan Belajar Budaya Sunda di MAN 2 Tasikmalaya

Melewati jalur Darawati menuju Cikalong dengan jarak 4 kilometer. Nah, dari Cikalong wisatawan bisa lanjut ke lokasi Tonjong Canyon Tasikmalaya. (CW-003/Bam)

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/

BACA JUGA: Asal-usul Bangunan Terbengkalai Eks Pabrik Engsun di Tasikmalaya, Jadi Tempat Uji Nyali hingga Tempat Mojok Muda-mudi

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles