27.4 C
Indonesia
Sabtu, Juli 31, 2021
spot_img

Mochtar Kusumaatmadja Tutup Usia, Walikota Bandung Sampaikan Duka Cita Mendalam

BERITA BANDUNG, ruber.id – Prof. DR. Mochtar Kusumaatmadja, SH., LLM., tutup usia di Jakarta, Minggu (6/6/2021). Walikota Bandung Oded M. Danial menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya putra Sunda kelahiran Jakarta ini.

“Secara pribadi dan atas nama Pemkot Bandung, saya menyampaikan duka cita dan bela sungkawa mendalam atas kepergian almarhum,” kata Oded melalui keterangan tertulis yang diterima ruber.id, Senin (7/6/2021).

Oded menuturkan, Mochtar Kusumaatmadja merupakan tokoh yang namanya harum tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga dunia internasional. Almarhum, merupakan guru besar dan pernah menjabat sebagai Dekan di Fakultas Hukum dan Rektor di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

BACA JUGA:  Basarnas Bandung Silaturahmi dan Sosialisasi FKP3D Jawa Barat

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II Kabinet Pembangunan II, periode 1973-1978, dan Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV Kabinet Pembangunan III dan IV, kurun tahun 1978-1988.

BACA JUGA:  Vespa Kang Mus Preman Pensiun Bakal Dilelang, Catat Waktunya

“Salah satu kontribusi besar beliau bagi negara yaitu upayanya yang sangat gigih memperjuangkan wawasan nusantara, dan pengakuan negara Republik Indonesia sebagai negara Kepulauan. Selain itu juga atas kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) sepanjang 12 kilometer, dari tepi pantai terluar yang diakui sebagai wilayah kedaulatan RI,” tuturnya.

Oded menjelaskan, perjuangan dan kontribusi almarhum Mochtar Kusumaatmadja bagi bangsa dan negara ini sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Semisal gelar pahlawan.

BACA JUGA:  Bandung Lautan Api Harus Jadi Spirit Perjuangan

“Perjuangan dan kontribusi beliau bagi bangsa dan negara kita ini sudah selayaknya mendapatkan peghargaan dari pemerintah. Akan tetapi, kita serahkan ini sepenuhnya kepada pemerintah pusat, untuk dipertimbangkan,” jelasnya. (keanu)

BACA JUGA: GeoDipa Siapkan Wilayah Operasi PLTP Patuha Bandung Jadi Desa Siaga Bencana

BACA JUGA:  Kasus Covid Melonjak, Wakaf Salman Bersama JQR Bagikan Masker

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles