oleh

Mendagri Minta Satpol PP, Damkar dan Satlinmas Tingkatkan Kompetensi

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta personel Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas meningkatkan kompetensi dan profesionalisme.

Amanat Mendagri tersebut disampaikan Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke 71 Satpol PP, Hari Jadi ke 102 Damkar, dan Hari Jadi ke 59 Satlinmas di Kantor Satpol PP Kabupaten Sumedang, Rabu (24/3/2021).

Upacara peringatan ini mengusung tema Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat mendukung Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 untuk Indonesia yang Maju dan Sehat.

“Saya yakin, melalui peningkatan kompetensi dan profesionalisme, kinerja Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan daerah akan meningkat secara signifikan.”

“Dan citranya juga akan semakin baik di mata masyarakat,” kata Erwan membacakan amanat Mendagri.

Mendagri juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Satpol PP dan Satlinmas atas dedikasi serta loyalitas yang telah ditunjukkan selama melaksanakan tugas.

Kondusivitas yang dirasakan saat ini, kata Mendagri, tidak terlepas dari peran serta Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

“Untuk itu, saya berharap Satpol PP dan Satlinmas terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme melalui pembenahan di berbagai aspek,” jelasnya.

Mendagri menjelaskan, sejalan dengan tema peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas, kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian, pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19.

“Dalam meningkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan, hendaknya Satpol PP dan Satlinmas dapat bekerja sama dengan unsur Polri dan TNI.”

“Selain itu, memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19,” terangnya.

Mendagri menuturkan, tema ini sudah tepat dan menggambarkan realitas kesiapsiagaan anggota Satpol PP dan anggota Satlinmas selama satu tahun terakhir dalam mendukung pencegahan, pendisiplinan, dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19.

“Saya berpesan, agar peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun 2021 ini dijadikan sebagai refleksi untuk bersikap tegas namun humanis.”

“Proaktif dalam menjalankan tugas di lapangan, konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja,” pesannya.

Selain itu, kata Tito, anggota Satlinmas diharapkan senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Hal ini diperlukan dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum.

“Ini sangat penting mengingat anggota Satlinmas menjadi bagian dalam masyarakat di tempat tinggal masing-masing yang lebih memahami dan mengetahui setiap anggota masyarakat lainnya yang berada di lingkungannya,” ucapnya. (R003)

BACA JUGA: Satpol PP Sumedang Amankan Ratusan Botol Miras di Jalan Prabu Gajah Agung

loading...

Komentar