Mapala se-Jawa Barat Ikuti Workshop Jurnalistik di Tasikmalaya

Mapala se-Jawa Barat Ikuti Workshop Jurnalistik di Tasikmalaya
Peserta Workshop Jurnalistik, dari Perwakilan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) se-Jawa Barat, foto bersama para narasumber, Selasa, (26/4/2022). andy/ruber.id

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Puluhan perwakilan Mahasiswa Pecinta Alam se-Jawa Barat, mengikuti workshop/pelatihan jurnalistik dan buka bersama. Kegiatan berlangsung di Gedung Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa, (26/04/2022) sore.

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari berbagai universitas di Jawa Barat sangat antusias mengikuti workshop jurnalistik tersebut.

Pelatihan ini bertajuk “Edukasi dan Kampanye Lingkungan Melalui Tulisan”.

Acara terselengggara berkat dukungan dari Pusat Koordinasi Wilayah IV Daerah Provinsi Jawa Barat.

Pemateri pada workshop itu di antaranya: Azarya Joedhya Putra (GM Times Indonesia Priangan Timur). Rommy Roosyana (Journalist & Audience Development Tempo), dan Adeng Bustomi (Pewarta Foto Kantor Berita Antara).

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas Guru RA, Mahasiswa KKN IAID Ciamis Gelar Workshop di Pangandaran

Di samping itu, yang bertugas sebagai key note speaker adalah Harniwan Obech (Presiden Republik Aer).

Materi-materi yang disampaikan oleh narasumber, merupakan materi dasar untuk jurnalistik.

Tujuan dilaksanakan pelatihan ini diharapkan menjadikan para anggota Mapala di Jawa Barat mampu berperan aktif. Menginformasikan kepada khalayak mengenai lingkungan sekitar, serta dapat memproduksi berita-berita edukatif.

Dalam kesempatan ini, Rommy mengungkapkan, tidak banyak jurnalis dan perusahaan pers-nya yang memusatkan perhatian kepada kondisi lingkungan.

Apalagi, sampai mendorong peliputan lingkungan yang kritis dan berpihak kepada kebenaran demi kepentingan khalayak.

“Di Indonesia, ada The Society of Indonesian Environmental Journalists atau masyarakat jurnalis lingkungan yang anggotanya memiliki perhatian khusus. Terhadap liputan isu lingkungan,” jelas Rommy kepada para peserta workshop.

Baca juga:  Forum Pergerakan Pemuda Rajadatu Kecewa, Sekdes dan Bendahara Mangkir Saat Audiensi Sesi Kedua Terkait Transparansi Anggaran

Visi masyarakat jurnalis lingkungan Indonesia adalah membangun masyarakat sadar informasi dan sadar lingkungan, melalui jurnalisme lingkungan berkualitas tinggi.

Sementara misi organisasi ini adalah meningkatkan pemahaman publik akan isu lingkungan dengan meningkatkan kualitas liputan lingkungan.

Usai pelaksanaan, ketua pelaksana Syahril Asfari yang akrab disapa Bata, berterima kasih atas terlaksananya acara ini kepada para pendukung, salah satunya ruber.id.

Termasuk, kepada para pemateri dan sponsorship yang telah mendukung acara ini.