Wednesday, 8 Apr 2020

Libur Cuti Bersama Bertambah 4 Hari, Wishnutama: Berdampak Positif terhadap Pariwisata

Baca Juga

Dari 3.734 ASN Pangandaran, Lulusan S3 Hanya 4 Orang, Sisanya Lulusan SD Hingga S1

PANGANDARAN, ruber -- Dari jumlah 3.734 Aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Pangandaran, lulusan S1 mendominasi. Berdasarkan data, ASN lulusan S1 di lingkungan Pemkab Pangandaran...

Sabtu Ini, KNPI Sumedang Adakan Rakerda dan Rapimda 2019

SUMEDANG, ruber -- DPD KNPI Kabupaten Sumedang akan menggelar rapat kerja daerah (rakerda) dan rapat pimpinan daerah (rapimda), Sabtu (5/1/2019) mendatang. Ketua Panitia Pelaksana Joko...

Dugaan Korupsi di Desa Karangmulya Pangandaran, Ratusan Massa Geruduk Kantor Kecamatan Padaherang

PANGANDARAN, ruber -- Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Kecamatan Padaherang berunjuk rasa, Selasa (6/8/2019). Aksi di depan kantor Kecamatan Padaherang tersebut sempat terjadi...

Pilkada 2020: Jeje Diusung PDI Perjuangan Jadi Bupati Lagi

PANGANDARAN, ruber.id -- Dalam acara konsolidasi organisasi pemenangan Pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak tahun 2020, Jeje Wiradinata akan diusung kembali oleh DPD PDI...

JAKARTA, ruber.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyambut baik surat keputusan bersama tiga menteri terkait penambahan hari libur dan cuti bersama tahun 2020.

Menurut Wishnutama, keputusan itu akan memberi dampak positif pada kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

Penambahan hari libur nasional dan cuti bersama sendiri merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Diharapkan keputusan tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian nasional.

Salah satunya datang dari pergerakan wisatawan nusantara.

“Pasti akan berdampak positif ke sektor pariwisata karena orang bisa memanfaatkan hari libur untuk berwisata,” kata Wishnutama melalui keterangan rilisnya.

Wishnutama menambahkan, karakteristik wisatawan nusantara dalam merencanakan perjalanan selama ini selalu dilakukan sejak jauh hari.

Biasanya disesuaikan dengan waktu liburan anak sekolah, libur nasional, serta cuti bersama.

Oleh karena itu, Wishnutama menekankan kesiapan industri dalam menyambut tingginya animo masyarakat dalam merencanakan perjalanan.

“Industri bisa lebih kreatif dalam membuat paket-paket perjalanan yang bisa jadi pilihan masyarakat, dalam hal ini wisatawan nusantara,” ujarnya.

BACA JUGA: Kembalikan Ekosistem di Taman Nasional Gunung Merapi, Ratusan Pohon Asli Ditanam

Tidak kalah penting, Wishnutama berpesan agar pemerintah daerah juga melakukan koordinasi dengan pengelola wisata serta pihak terkait lainnya mengenai kesiapan destinasi.

“Pemerintah daerah dan pihak terkait harus dapat memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan saat di lokasi,” ujarnya.

“Juga soal kebersihan yang selama ini masih menjadi kekurangan dalam indeks pariwisata nasional,” ujar Wishnutama.

Seperti diketahui, jumlah libur nasional dan cuti bersama di tahun 2020 bertambah dari yang sebelumnya berjumlah 20 hari menjadi 24 hari.

Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama dibacakan oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

Muhadjir mengatakan, penambahan hari libur ini terkait dengan upaya pemerintah mengembalikan gairah ekonomi, khususnya pariwisata di Indonesia.

“Pertimbangannya adalah penetapan cuti bersama dan hari libur nasional yang tepat akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian nasional,” kata Muhadjir.

Selain itu, kata Muhadjir, hal ini juga dapat digunakan masyarakat untuk lebih saling mengenal dan tahu dalam rangka membangun kesatuan negara Indonesia.

Penambahan 4 hari tersebut adalah 28 dan 29 Mei sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, 21 Agustus sebagai cuti bersama dalam Tahun Baru Islam.

Kemudian, 30 Oktober sebagai cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, serta 24 Desember sebagai cuti bersama Hari Raya Natal. (R004/rls)

Loading...

Komentar

loading...
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Warga Indramayu Belum Ditemukan, Tim SAR Maksimalkan Pencarian Hari Ini

INDRAMAYU, ruber.id - Memasuki tujuh hari pencarian, Kamsiah, 72, korban tenggelam di Sungai Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat belum ditemukan.

Longsor Timpa Rumah Warga di Sumedang Selatan, Sekeluarga Mengungsi

SUMEDANG SELATAN, ruber.id - Tebing longsor menimpa rumah warga di Dusun Kukulu RT 02/05, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang.

Kabar Baik! Bupati Garut Bakal Lunasi Utang Warganya ke Bank Emok

GARUT, ruber.id - Kabar baik datang dari Garut, Jawa Barat di tengah pandemi COVID-19 atau wabah corona ini. Ya,...

Dua Warga Cianjur Hanyut di Kali Cijedil, Budi Hilang Terseret Arus

CIANJUR, ruber.id - Budi, 46, warga Kampung Salaerih, Desa Benjot, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat tenggelam di Kali Cijedil, Selasa (7/4/2020) sore jam...

Kemenag Minta Warga Pangandaran Tunda Akad Nikah Selama Wabah Virus Corona

PANGANDARAN, ruber.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat meminta masyarakat untuk menunda rencana pelaksanaan akad nikah. Penundaan...