26.4 C
Indonesia
Rabu, Oktober 20, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

KM Barokah asal Brebes Terbalik di Perairan Subang, Satu dari 13 ABK Hilang

BERITA SUBANG, ruber.id – KM Barokah S 10GT asal Brebes, Jawa Tengah dilaporkan terbalik di wilayah Perairan Subang, Jawa Barat, Kamis (3/6/2021) pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Diketahui, kapal milik Subroto yang dinahkodai Wawan Purwanto, KM Barokah bertolak dari Pelabuhan Muara Ciasem untuk mencari ikan menuju laut Jawa di perairan Utara Subang, Rabu (2/6/2021) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Ketika memasang jaring, KM Barokah Jaya mengalami terjangan gelombang kurang lebih 1 meter. Sehingga, terjadi goncangan pada kapal dan mengakibatkan KM BAROKAH S 10GT bterbalik dan tenggelam,” ungkap Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansah, Jumat (4/6/2021).

Deden menjelaskan, dalam kapal nelayan ini terdapat 13 anak buah kapal (ABK). Dari total tersebut, sebanyak 12 orang berhasil menyelamatkan diri dan dibantu oleh nelayan setempat bernama Sanusi. Sedangkan satu korban lainnya belum ditemukan.

BACA JUGA:  Menyeberang Sungai Cimanuk, Warga Majalengka Hilang Terseret Arus

Adapun identitas 12 ABK selamat yaitu Wawan Purwanto (Nahkoda/Tekong), Subroto (Juragan), Nasa’al (KKM), Zamaludin.

Kemudian, Tohari, Tangwin, Warsam, Sadnan, Casridin, Slamet alias Otol, Daspan, dan Jayadi.

Sedangkan, satu ABK dalam pencarian yaitu Bujal, 50, warga asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

“Kami menerima informasi dari Polair Subang terkait kejadian terbaliknya KM Barokah di Perairan Subang ini pada pukul 00.57 WIB,” jelasnya.

Setelah menerima informasi, sambung Deden, Basarnas Bandung telah memberangkatkan satubl tim rescue menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian.

Tim dari BasarnasbBandung bergabung dengan tim SAR lainnya dari Polair Subang, BPBD Subang, UPT Pelabuhan Perikanan, SAR Pasundan, KRI, dan Syahbandar.

“Hingga Jumat siang pukul 13.00 WIB ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian dan hasilnya masih nihil,” ucapnya. (R003)

BACA JUGA:  Buruh asal Bandung Ditemukan Tewas di Waduk Cirata

BACA JUGA: Tiga Nelayan Pangandaran yang Hilang Berhasil Ditemukan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles