Kemenhub Berangkatkan 20.580 Peserta Mudik Gratis dan Angkut 1.920 Sepeda Motor

Kemenhub Berangkatkan 20.580 Peserta Mudik Gratis dan Angkut 1.920 Sepeda Motor

BERITA NASIONAL, ruber.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan 20.580 peserta program mudik gratis menggunakan bus dan 1.920 sepeda motor diangkut dengan truk.

Program ini dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dan juga mengurangi kepadatan di jalan.

Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan sebanyak 3.180 peserta Mudik Gratis yang diangkut dengan 106 bus di Terminal Jatijajar, Depok, Kamis (28/4/2022).

Menko PMK Muhadjir Effendy mengapresiasi upaya yang dilakukan Kemenhub berserta instansi terkait. Yang menyelenggarakan mudik gratis agar terwujud Mudik Aman, Mudik Sehat sesuai arahan Presiden RI.

Pada kesempatan yang sama, Menhub mengimbau kepada perusahaan swasta untuk memfasilitasi kegiatan mudik gratis bagi karyawannya. Melalui program Corporate Social Responsibility/CSR.

Baca juga:  Hingga H-5 Lebaran 2022, Jasa Marga Catat 951.000 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

“Harapannya, program ini juga ikut memberikan kebahagiaan bagi karyawan yang ingin mudik,” ujar Menhub.

Menhub meminta kepada para perusahaan bus untuk membantu menambah bus-busnya. Untuk meningkatkan kapasitas angkut dari program mudik gratis yang diselenggarakan. Baik oleh BUMN, maupun pihak swasta.

Kemenhub, melalui Ditjen Perhubungan Darat menyediakan sarana mudik gratis dari Jakarta ke 22 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagaian Sumatera sebanyak 686 unit bus.

Selain di Terminal Jatijajar, para peserta mudik gratis Kemenhub dengan moda bus akan diberangkatkan dari Terminal Poris Plawad Tangerang.

Kemudian dari Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, dan Terminal Pulo Gebang Jakarta, pada 28-29 April 2022.

Baca juga:  Dishub Ciamis: PO Jangan Paksakan Armada Tak Laik Jalan Beroperasi

Pelepasan mudik gratis ini, turut dihadiri Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi. Walikota Depok Mohammad Idris.

Kemudian Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Direksi Jasa Raharja.

Lalu, Direktur Kesehatan Masyarakat Kemenkes, dan segenap Forkompida Kota Depok.