Puncak Arus Balik, Polres Ciamis Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Menuju Tol Cipali

  • Bagikan

CIAMIS, ruber — Menghadapi puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi sampai Minggu (9/6/2019) malam di Jalur Selatan Jabar, Polres Ciamis telah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas.

Rekayasa ini akan diterapkan guna mengurai kepadatan dari arah Jawa Tengah. Khususnya untuk pengalihan arus ke jalur alternatif menuju Tol Cipali, khusus untuk roda empat.

Pengalihan arus tersebut diberlakukan jika Gentong dan Limbangan dalam kondisi macet total.

Sebelumnya, pada Jumat kemarin pengalihan arus telah dilakukan. Kendaraan yang datang dari arah Jawa Tengah menuju Bandung- Jakarta dialihkan via jalur Kawali-Majalengka-Cirebong ke Tol Cipali.

“Puncak arus balik diperkirakan hari ini sampai malam nanti, termasuk arus balik bagi wisatawan lokal yang telah berlibur di Pangandaran. Karena Senin besok beberapa di antaranya sudah masuk kerja,” ujar Kasatlantas Polres Ciamis AKP M. Bima Gunawan, Ahad (9/6/2019).

Menurut Bima, ada dua rekayasa lalu lintas yang disiapkan guna menghindari penumpukan kendaraan di Gentong dan Limbangan.

Pertama, kendaraan dari Jawa Tengah ketika masuk perkotaan Ciamis tepatnya di Alun-alun akan dialihkan menuju jalur alternatif jalan Kawali-Panawangan-menuju Cikijing Majalengka. Jarak tempuh jalur ini sekitar 70 kilometer sampai ke gerbang Tol Cipali.

Kedua, pengalihan dilakukan di jalur utama nasional Cihaurbeuti, bila ada kendaraan dari arah perkotaan Ciamis yang masih masuk ke jalur tersebut.

Dari persimpangan Cihaurbeuti kendaraan dialihkan ke jalan alternatif Panumbangan menuju ke Panjalu lalu ke wilayah Sukamantri menuju Kabupaten Majalengka. Jarak yang ditempuh sekitar 50 kilometer menuju Tol Cipali.

“Untuk pantauan saat ini arus balik kendaraan dari arah timur menuju barat sampai sore ini terus mengalami peningkatan, terutama roda empat dan sepeda motor.”

“Kami masih melihat situasi dan menunggu arahan, bila Gentong macet maka rekayasa pengalihan arus dilakukan,” jelas Bima.

Polres Ciamis akan terus berkoordinasi dengan Polres Tasikmalaya dan Garut guna memantau kondisi kemacetan yang terjadi, sehingga pihaknya bisa langsung memberlakukan rekayasa lalu lintas tersebut.

Ratusan personel juga telah disiagakan di titik-titik kemacetan di sepanjang jalur selatan Ciamis.

Supaya bisa melakukan pengaturan lalu lintas dan mengurai kemacetan. Seperti di simpang Cisaga, simpang Kujang, Pasar Imbanagara dan Sindangkasih. dang

Foto: ARUS kendaraan dari arah Jawa Tengah padati jalur selatan Jabar di wilayah Ciamis, Ahad (9/6/2019). dang/ruang berita
loading…


  • Bagikan