Jabar Cekas, Tekan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

Jabar Cekas, Tekan Kasus Kekerasan Perempuan Anak

BERITA JABAR, ruber.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri sekaligus Ketua TP-PKK Provinsi Jabar Atalia Paratya Ridwan Kamil mengampanyekan Jawa Barat Berani Cegah Tindakan Kekerasan atau Jabar Cekas.

Launching kampanye ini berlangsung di SMA Negeri 4, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (8/4/2022).

Kang Emil (Sapaan Ridwan Kamil) menjelaskan, pentingnya kesinergian dalam konsep Pentahelix Akademisi, Badan Usaha, Komunitas, Pemerintahan, dan Media (ABCGM). Sebagai upaya dengan semangat gotong-royong mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kekerasan terhadap perempuan dan anak di manapun itu, baik di lingkungan privat, maupun publik kita dorong lebih kuat lewat kolaborasi ABCGM.”

“Maka hari ini, Provinsi Jawa Barat menguatkan upaya yang sebenarnya sudah dilakukan dengan menguatkan kegotong-royongan. Untuk mencegah masalah dalam kehidupan kita, yaitu kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujar Kang Emil.

Baca juga:  Ridwan Kamil: Progres IPAL Citarum Harum Hadirkan Manfaat Bagi Wilayah Bandung Raya

Kang Emil menyampaikan, mengenai 10 Program Kampanye dalam Jabar Cekas.

Yakni berani berbicara, berani melapor, berani menolak, berani mencegah, dan berani berpihak kepada korban.

Tindakan lainnya, yaitu berani berkata tidak, berani melawan, berani maju, berani bergerak, dan berani melindungi korban kekerasan yang menimpa perempuan dan anak.

Kampanye Jabar Cekas, kata Kang Emil, sebagai bentuk upaya menekan angka kasus kekerasan yang dialami perempuan dan anak di Jawa Barat.

505 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Terjadi Sepanjang Tahun 2021