Inagurasi Petani Milenial 2022, Kontribusi Nyata bank bjb di Sektor Pertanian

Inagurasi Petani Milenial 2022

BERITA JABAR, ruber.id – Suasana penuh haru dan semangat terasa mengisi Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran (Unpad), saat acara Inaugurasi Petani Milenial Jawa Barat.

Acara ini, merupakan momen penting yang menandai kesuksesan program Petani Milenial yang telah berjalan sejak diluncurkan pada Maret 2021.

Program yang digagas oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk memperkuat sektor pertanian. Yaitu, dengan melibatkan generasi milenial dalam proses inovasi dan pembangunan.

bank bjb, Mitra Strategis Program Petani Milenial

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) merupakan salah satu mitra strategis dalam program ini.

Sejak awal, bank bjb telah berkomitmen untuk mendukung Petani Milenial melalui penyediaan pembiayaan dan pemberdayaan.

bank bjb, bertindak sebagai koordinator pembiayaan, memberikan kredit dan layanan finansial kepada para peserta program.

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari menyebutkan, dalam perjalanan panjang Petani Milenial ini, bank bjb selalu hadir memberikan dukungan nyata.

“Kami berkomitmen, untuk mendorong kesuksesan para petani muda dalam mengembangkan usaha pertanian mereka.”

“Melalui berbagai produk dan layanan kami, kami berupaya meningkatkan literasi dan inklusi perbankan bagi Petani Milenial,” ucapnya.

Baca juga:  Pengendalian Inflasi di Kota Bandung, dari Pemantauan Harga Hingga Pasar Murah

Program Petani Milenial di Jawa Barat memiliki visi yang kuat, yaitu mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian. Yaitu, dengan menggandeng generasi milenial yang kreatif dan inovatif.

Program ini, tidak hanya memberikan kesempatan kerja bagi anak muda yang mengalami PHK atau baru lulus dari perguruan tinggi. Tetapi juga, melibatkan keluarga petani dalam memajukan perekonomian desa.

Petani Milenial, menggunakan teknologi sebagai alat untuk menggerakkan kewirausahaan di bidang pertanian.

Melalui pemanfaatan teknologi, mereka menghadirkan wajah baru pada sektor pertanian, menjadikannya lebih segar dan menarik bagi generasi muda.

Program ini, mencakup berbagai bidang seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.

Dalam mendukung program ini, bank bjb bekerjasama dengan berbagai dinas terkait seperti Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Kemudian, dengan Dinas Kehutanan; Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan; Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Perkebunan Jawa Barat.

Kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, pengusaha, komunitas, dan media, yang dikenal dengan konsep Pentahelix, menjadi landasan kuat bagi kesuksesan program ini.

Baca juga:  Perkuat Permodalan, Bank bjb Tawarkan 682.65 Juta Saham Biasa Seri B

Apresiasi Gubernur Terhadap Kontribusi bank bjb

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan yang diberikan oleh bank bjb dalam program Petani Milenial.

Dalam pidatonya pada acara Inaugurasi Petani Milenial, Ridwan Kamil berterima kasih kepada bank bjb atas dukungannya yang nyata bagi program Petani Milenial ini.

“bank bjb, telah berperan penting dalam memberikan pembiayaan dan pemberdayaan kepada generasi muda yang ingin terlibat dalam sektor pertanian,” ucap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam mengembangkan sektor pertanian.

Ia mengajak seluruh pihak terkait untuk terus mendukung para petani milenial dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi inovasi dan pertumbuhan sektor pertanian di Jawa Barat.

Selain penyediaan pembiayaan, bank bjb juga memberikan berbagai layanan finansial dan literasi perbankan kepada para Petani Milenial.

Mereka diberikan akses yang lebih mudah ke produk perbankan seperti tabungan, pinjaman, dan asuransi.

bank bjb, juga memberikan pelatihan dan pendampingan dalam manajemen keuangan dan pengembangan usaha.

Baca juga:  Wujudkan Bandung Caang Baranang, Dishub Targetkan Pembangunan 3.059 PJU dan 475 PJL

Testimoni Petani Milenial

Salah satu peserta program Petani Milenial, Fitriani, yang berfokus pada pengembangan pertanian organik, mengaku puas terhadap dukungan yang diberikan oleh bank bjb.

“Dengan bantuan dari bank bjb, saya dapat memperluas usaha pertanian organik saya dan meningkatkan produktivitas.”

“Saya juga mendapatkan pengetahuan baru tentang manajemen keuangan dan pemasaran yang sangat berguna bagi bisnis saya,” ujarnya.

Keberhasilan program Petani Milenial ini, tidak hanya terlihat dari peningkatan kualitas dan produktivitas sektor pertanian di Jawa Barat.

Tetapi juga, dari semakin banyaknya generasi milenial yang terlibat dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah tersebut.

Para Petani Milenial, membawa semangat baru, ide-ide inovatif, dan kecintaan pada tanah air dan pertanian.

Program Petani Milenial dan dukungan yang diberikan oleh bank bjb menjadi contoh yang inspiratif bagi daerah lain dalam mengembangkan sektor pertanian dan menggerakkan partisipasi generasi milenial.

Diharapkan, upaya ini dapat terus ditingkatkan dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi pembangunan pertanian dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.