26.4 C
Indonesia
Rabu, Oktober 20, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Dandim Sumedang: Perjuangan dan Pengorbanan para Pejuang Harus Jadi Inspirasi Prajurit

DANDIM 0610/Sumedang Letkol Arh. Novianto Firmansyah tabur bunga di makam pahlawan di kompleks TMP Cimayor, Sumedang, Jumat (4/10/2019). ist/ruber.id

Dandim Sumedang: Perjuangan dan Pengorbanan para Pejuang Harus Jadi Inspirasi Prajurit

SUMEDANG, ruber.id — Dalam rangka memperingati HUT ke 74 TNI, untuk mengenang jasa para pejuang itu, jajaran Kodim 0610/Sumedang melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Cimayor Sumedang, Jawa Barat, Jumat (4/10/2019).

Upacara ziarah berlangsung khidmat dengan diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan.

BACA JUGA: Tingkatkan Kreativitas Warga, Kodim Sumedang Gelar Lomba Kerajinan Tangan dan Paduan Suara

Kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah, rombongan dan diikuti oleh para peserta ziarah.

BACA JUGA:  Kapolsek Conggeang Ajak Santri Asyrofuddin Guyub Rukun di Pesantren

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh. Novianto Firmansyah menyatakan, perjuangan dan pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia harus jadi motivasi dan inspirasi bagi para prajurit TNI.

Pada tanggal 5 Oktober tahun ini, kata Dandim, genap 74 tahun keberadaan TNI sebagai garda terdepan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebagai prajurit TNI, saya merasa bangga dan terhormat mengemban tugas dan amanah ini. Namun di sisi lain, dengan ketulusan dan keikhlasan para pejuang dalam meraih kemerdekaan yang saat ini telah kita nikmati bersama, terus terang sayang sangat terharu,” ucap Dandim.

Terharu, kata Dandim, karena semua yang bisa diperbuat hari ini, adalah buah dari pengorbanan nyawa dan harta para pejuang kemerdekaan.

BACA JUGA:  Posisi Kabag Kesra di Sumedang Kosong, Diisi Pelaksana Tugas Juga Tidak

Untuk itu, kata Dandim, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan itu harus menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh anak bangsa.

Khususnya, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk bersikap profesional secara total, sehingga tercapai kesejahteraan rakyat.

“Kobarkan semangat juang para pahlawan itu. Perjuangan mereka harus menginspirasi dan menjadi motivasi kita bersama untuk melayani masyarakat di tempat kita bertugas sebagai abdi negara,” katanya.

Dandim menambahkan, dalam pelaksanaan upacara ziarah Ke TMP Cimayor ini, pihaknya melibatkan pasukan dari Kodim Sumedang dan Yonif 301 R/Prabu Kiansantang.

Selain itu, diikuti pula oleh jajaran Polres Sumedang, Ibu-ibu Persit Kodim Sumedang dan Yonif 301, Satpol PP, Ormas FKPPI dan pelajar dari SMK Pemuda.

BACA JUGA:  Hasil Swab Masif Tak Ada Tambahan Positif COVID-19, Bupati Sumedang: Kita Harus Tetap Waspada

Sementara itu, Wakapolres Sumedang Kompol Sigit Rahayudi mengatakan, keikutsertaan personel Polres Sumedang dalam pelaksanaan upacara ziarah nasional HUT ke 74 TNI ini merupakan wujud nyata sinergitas dan soliditas TNI/Polri di wilayah Kabupaten Sumedang.

“Sebagai pilar NKRI, saat ini TNI/Polri makin solid dalam bersinergi untuk menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Sigit menambahkan, pada kesempatan ini, Polri khususnya jajaran Polres Sumedang menyampaikan Dirgahayu ke 74 TNI.

“Semoga TNI selalu profesional dan selalu menjadi kebanggaan rakyat,” ujarnya. luvi

Baca berita lainnya: Kodim 0610/Sumedang Santuni 31 Ahli Waris Keluarga Besar TNI AD

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles