Dalam Sehari Sumedang Dapat Dua Penghargaan Bergengsi

  • Bagikan
Dalam Sehari Sumedang Dapat Dua Penghargaan Bergengsi

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Dalam sehari, Selasa (7/12/2021), Kabupaten Sumedang meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus.

Yakni, Juara Pertama Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) Tahun 2021.

Kemudian, Juara keempat nasional Anugerah Meritrokasi Tahun 2021. Dengan Kategori Sangat Baik.

Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan penghargaan pertama kepada Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, di Harris Hotel and Convention Citylink Bandung.

Pada ajang tersebut aplikasi e-Office meraih juara pertama. Setelah sebelumnya masuk 10 Terbaik dan 6 Terbaik.

Sedangkan, aplikasi Sipedo masuk 23 Terbaik (Top 23) setelah masuk Top 45.

“Setelah tahapan verifikasi dan observasi dari Tim KIJB untuk menilai dua inovasi yang kami ajukan pada awal November lalu.”

“Ahamdulillah, hasilnya e-Office meraih juara pertama ran Sipedo masuk Top 23,” ucapnya.

Dony menjelaskan, kedua aplikasi ini merupakan aktualisasi ASN Sumedang. Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Aplikasi e-Office merupakan super aplikasi yang memuat fitur lengkap bagi ASN. Dalam menunjang pelaksanaan tugas kesehariannnya.”

“Mulai dari absensi digital yang lengkap dengan fitur maps, tanda tangan digital, fitur WFH. Surat menyurat elektronik, data kepegawaian, sampai laporan harian,” jelasnya.

Sementara, Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Database Online atau Sipedo, bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Dalam mengakses informasi program pelatihan kerja di BLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Dengan raihan penghargaan bagi e-Office dan Sipedo ini, semoga menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemkan Sumedang. Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturnya.

Penghargaan Sistem Merit ASN

Adapun penghargaan yang kedua, Wakil Bupati H Erwan Setiawan menerimanya dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto, di The Westin Grand Ballroom, Surabaya.

Penghargaan tersebut terkait keberhasilan Sumedang dalam penerapan Sistem Merit ASN.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan Aumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang Kusman Diana mengatakan, Sumedang meraih posisi ke-4 secara nasional. Dengan nilai 328,5. Setelah mengikuti serangkaian tahapan penilaian.

“Pemeringkatan mulai dari pembentukan Tim Penilai Mandiri atau Tim Self Assesment Kabupaten oleh Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian.”

“Selanjutnya, melengkapi bukti-bukti untuk lampiran pada laporan penilaian mandiri yang dikirimkan ke KASN.”

“Kemudian verifikasi oleh Tim dari KASN, sampai penerbitan rekomendasi dan tindaklanjut dari rekomendasi tersebut,” ucapnya.

Pengertian Sistem Merit ASN

Menurut UU Nomor 5/2014 tentang ASN. Sistem Merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Secara adil dan wajar tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal usul, jenis kelamin, dan kondisi kecacatan.

Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan, penilaian Sistem Merit menggambarkan kondisi nyata pengelolaan SDM. Atau ASN berkualitas oleh instansi pemerintah.

‚ÄúPenerapan Sistem Merit dalam manajemen ASN ini harapannya dapat memicu perubahan mendasar manajemen ASN. Ke arah yang lebih baik, karena kualifikasi, kinerja, dan  kompetensi secara adil tanpa diskriminasi,” ujarnya.

Wabup Erwan berharap, capaian Kabupaten Sumedang dalam Anugerah Meritrokasi menjadi motivasi bagi seluruh ASN Kabupaten Sumedang agar lebih semangat dalam bekerja.

“Semoga ini menjadi penyemangat bagi ASN untuk memberikan yang terbaik dalam berkinerja. Sehingga, menduduki posisinya sesuai dengan kompetensi, kualifikasi, dan prestasi kerja,” ucapnya.

Penulis/Editor: R003

  • Bagikan