29.4 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
spot_img

BPPSPAM Butuh Rp5 Triliun untuk Bangun SPAM Regional Jatigede

JAKARTA, ruber – Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) berencana pembangunan SPAM Regional di Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Diperkirakan butuh dana investasi sebesar Rp5 triliun untuk membangun proyek penyediaan air minum yang dijadwalkan dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama sendiri masih dalam persiapan dengan melakukan kajian awal studi kelayakan.

“Sampai Januari 2019, perkembangan pembangunan SPAM Regional Jatigede tahap pertama masih dalam penyiapan, di mana penyusunan kajian awal prastudi kelayakan telah selesai,” ujar Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama BPPSPAM Ade Syaiful Rachman seperti dilansir Kompas.com, Selasa (22/1/2019).

BACA JUGA:  Takut Foto Syurnya Disebar, Jufri Dianiaya Pacarnya di Jakarta, Lalu Dibuang ke Sumedang

Pada tahap pertama pembangunan, Ade Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum mengatakan, anggaran yang dibutuhkan mencapai sekitar Rp2 triliun. Dana sebanyak itu diproyeksikan datang atau diperoleh melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) serta bantuan dari pemerintah pusat dan daerah.

BACA JUGA:  Malam Hari, Pusat Keramaian Kota Sumedang Disemprot Disinfektan

Pemerintah daerah yang dilibatkan dalam proyek ini yakni Pemprov Jawa Barat, Pemkot Cirebon dan PDAM Kota Cirebon, Pemkab Cirebon dan PDAM Kabupaten Cirebon, Pemkab Sumedang dan PDAM Kabupaten Sumedang, Pemkab Majalengka dan PDAM Kabupaten Majalengka, serta Pemkab Indramayu dan PDAM Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:  Malam Hari, Pusat Keramaian Kota Sumedang Disemprot Disinfektan

Karena masih dalam tahap persiapan, Ade belum dapat memastikan badan usaha yang akan digandeng BPPSPAM untuk merealisasikan proyek pembangunan SPAM Regional Jatigede. red

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles