Sudah Ada 1 Korban Tewas, Waspada Ancaman Petir di Perairan Waduk Jatigede Sumedang

Waspada Ancaman Petir di Waduk Jatigede Sumedang
Istimewa ruber.id

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Sudah ada satu korban tewas, waspada ancaman petir di perairan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Pada akhir Oktober 2023, sebagian wilayah di Kabupaten Sumedang telah turun hujan. Meskipun intensitas hujan masih tergolong rendah, namun sering kali hujan disertai oleh angin dan petir.

Dampak dari petir dan angin yang menyertai hujan telah menimbulkan korban, termasuk salah satunya adalah seorang penduduk dari Cikareo Wado.

Saat tengah menjala ikan di perairan Waduk Jatigede, Blok Munjul, Kecamatan Darmaraja pada Selasa, 31 Oktober 2023, korban disambar petir dan tragisnya tewas di tempat dengan luka bakar di bahu dan punggungnya.

“Terjadi kejadian yang mengindikasikan korban tersambar petir di wilayah perairan Waduk Jatigede, Blok Munjul, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja.”

Baca juga:  Bupati Sumedang: Pengadaan Barang dan Jasa di Tahun 2022 Harus Lebih Cepat

“Kami mengimbau, agar warga yang beraktivitas di sekitar Waduk Jatigede berhati-hati. Terutama, ketika hujan disertai petir,” kata Kasat Polairud Polres Sumedang AKP Wawan Supriatna.

BPBD Sumedang Imbau Warga Lebih Waspada

Kepala BPBD Sumedang, Atang Sutarno menekankan, kejadian tragis ini seharusnya menjadi peringatan serius bagi masyarakat.

Wilayah perairan Waduk Jatigede cenderung rentan terkena sambaran petir saat cuaca hujan, karena memiliki luas perairan yang terbuka.

“Kami perlu mewaspadai hujan yang mulai turun di beberapa wilayah Sumedang, meskipun belum merata dan intensitasnya relatif rendah. Namun, hujan seringkali disertai petir,” ucap Atang.

Atang mengimbau, seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati saat hujan turun. Terutama jika ada petir.

Baca juga:  Update COVID-19 Sumedang: Tanjungsari Tambah 4, Pamulihan 3, Jatinangor 1

Ia menyarankan, di perairan Waduk Jatigede, harus ada kewaspadaan ekstra.

Jika hujan turun, terutama disertai petir, penting untuk segera menghentikan aktivitas dan mencari perlindungan di daratan.

Pendapat yang serupa disampaikan oleh Kepala Unit Pengelola Bendungan (UPB) Jatigede, Yuyu Wahyudin.

Yuyu menjelaskan, pihaknya telah secara berkala memberikan informasi kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat beraktivitas di wilayah perairan Waduk Jatigede, tidak hanya saat cuaca hujan.

“Perairan waduk ini merupakan area terbuka yang sangat luas, sehingga risiko tersambar petir sangat tinggi,” ujar Yuyu.

Yuyu juga mengingatkan para nelayan, pencari ikan, dan pemancing untuk menghentikan aktivitas mereka serta segera mencari perlindungan di daratan saat hujan turun disertai petir.

Baca juga:  Satpam di Sumedang Diminta Tingkatkan Kompetensi Diri

Musibah yang menimpa pencari ikan ini harus dijadikan pelajaran bersama. Semoga dengan meningkatkan kewaspadaan, dapat mencegah terjadinya kejadian serupa di masa depan.