BI Dorong Pemda di Priangan Timur Memanfaatkan Pembangunan Tol Getaci

BI Dorong Pemda di Priangan Timur Memanfaatkan Pembangunan Tol Getaci
Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya, Aswin Kosotali. ati/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Pembangunan Tol Getaci di wilayah Priangan Timur menjadi sebuah peluang berharga yang harus diambil dengan serius.

Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya mengajak kepada seluruh pemerintah daerah di Priangan Timur. Meliputi, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran, untuk mengambil pelajaran dari keberhasilan Sumedang dalam memanfaatkan pembangunan Tol Cisumdawu.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya, Aswin Kosotali menekankan, pentingnya responsif dalam menghadapi proyek tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Alih-alih menyerahkan peluang tersebut, daerah yang terdampak oleh tol ini harus bersikap agresif untuk memanfaatkan potensi pembangunan.

“Sumedang dijadikan contoh sukses dalam mengoptimalkan peluang pembangunan infrastruktur tol,” ucapnya.

Baca juga:  Bupati Sumedang Datangi Kantor KPK

Menurut Aswin, Sumedang memiliki enam exit tol di sepanjang Tol Cisumdawu, yang memberikan kemudahan akses dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Peluang untuk mengembangkan produk UMKM dan sektor wisata, menjadi lebih terbuka.

Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya mengajak pemerintah daerah Priangan Timur untuk belajar dari Sumedang.

Terutama dalam hal pengembangan ekonomi, peningkatan kunjungan, dan peluang investasi yang muncul.

“Ini adalah langkah penting untuk mencegah daerah tersebut terdampak negatif oleh pembangunan tol,” kata Aswin.

Aswin juga mendorong pertumbuhan investasi di Priangan Timur, dengan peningkatan aktivitas ekonomi dan perputaran uang sebagai hasilnya.

Bank Indonesia berkomitmen, untuk mendukung investasi di wilayah ini. Termasuk, sektor wisata di Pangandaran, Tasikmalaya, dan Ciamis, serta pengembangan budaya pertanian dengan konsep hulu-hilir.

Baca juga:  Kompor Gas Meledak, Rumah Permanen di Jatinangor Sumedang Ludes Terbakar

Meskipun target investasi yang akan datang dengan pembangunan Tol Getaci di Priangan Timur belum dapat dipastikan. Namun, Bank Indonesia yakin bahwa infrastruktur jalan tol akan mengangkat ekonomi daerah ini.

Studi banding di Sumedang, yang melibatkan seluruh pemerintah daerah di Priangan Timur dengan narasumber dari Pemkab Sumedang. Menjadi langkah awal yang positif untuk memahami potensi dan peluang yang ditawarkan oleh pembangunan Tol Getaci di wilayah Priangan Timur.