Anggota Komisi IX DPR RI, Bersama BPJAMSOSTEK Sumedang Sosialisasikan Pentingnya Jaminan Ketenagkerjaan

BPJAMSOSTEK Sumedang Sosialisasikan Pentingnya Jaminan Ketenagkerjaan

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Anggota Komisi IX DPR RI Linda Megawati, bersama BPJAMSOSTEK Cabang Sumedang melaksanakan sosialisasi pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan, Rabu, 22 Febuari 2023.

Sosialisasi ini, diperuntukkan bagi ratusan warga yang belum terdaftar di BPJAMSOSTEK Sumedang. Yakni, sebanyak 300 warga dari Kabupaten Sumedang yang bertempat di Graha Insun Medal, Sumedang.

Anggota Komisi XI DPR RI Linda Megawati. Dari Fraksi Demokrat dengan lingkup tugas di bidang Kesehatan dan ketenagakerjaan menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini untuk membantu BPJAMSOSTEK.

“Tujuannya, untuk mengedukasi masyarakat mengenal program dan manfaat dengan segala kemudahan yang diberikan jika menjadi peserta BPJAMSOSTEK,” kata Linda.

Sementara Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Sumedang, Rita Mariana mengaku, sangat berterimakasih. Atas support Komisi IX DPR RI dalam membantu, mengawal, mengawasi. Sehingga, negara hadir dalam perlindungan jaminan sosial.

Baca juga:  Warga Regol Wetan Sumedang Meninggal Akibat Covid-19

“Saya mengucapkan terimakasih, baik secara khusus, maupun secara umum kepada komisi IX yang terus membantu mengawal dan mengawasi.”

“Sehingga, negara hadir dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Dan atas atensi dari Ibu Linda Megawati kepada masyarakat pekerja di daerah Kabupaten Sumedang. Khususnya, yang hadir dalam kegiatan ini telah didaftarkan menjadi peserta BPJAMSOSTEK. Sekurang-kurangnya, satu peserta mengikuti dua program, yakni Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja,” ujar Rita.

Rita mengatakan, sebanyak 300 pekerja telah didaftarkan sebagai peserta BPJAMSOSTEK. Dengan perlindungan Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja selama 3 bulan.

“Di mana, dengan iuran per bulan per orang hanya sebesar Rp16.800. Akan tetapi, manfaatnya sangat besar, jika terjadi kecelakaan dalam bekerja seluruh biaya perawatan ditanggung tanpa adanya batasan biaya.”

Baca juga:  Sudah Ada 1 Korban Tewas, Waspada Ancaman Petir di Perairan Waduk Jatigede Sumedang

“Dan jika peserta meninggal dunia, maka ahli waris mendapatkan santunan kematian sebesar Rp42 juta. Kemudian, untuk 2 orang anak diberikan beasiswa pendidikan mulai dari TK sampai perguruan tinggi,” jelas Rita.

Sosialisasi sendiri, diberikan dengan tujuan agar semua lapisan masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang teredukasi. Selain itu, menumbuhkan kepedulian atas pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan.