SUMEDANG, ruber – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merilis jadwal Debat Publik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019. Debat Pilpres akan dilaksanakan dengan frekuensi sebanyak 5 kali.

BACA JUGA: Soal Dibocorkan Sebelum Debat Pilpres 2019, Siapa Diuntungkan?

Pemilu 2019 Terbilang Rumit, Bawaslu Dorong KPU Semakin Intens Sosialisasi

“Akan diselenggarakan debat sebanyak 5 kali. Yakni di bulan Januari, Februari, Maret, April. Pada bulan Maret debat diadakan dua kali,” ucap Ketua KPU Arief Budiman dalam rilisnya.

Arief menyebutkan, jadwal debat ini sengaja dibuat berdekatan dengan hari pemungutan suara. Tujuannya, agar masyarakat tidak lupa pada visi dan misi paslon.

“Kalau penyelenggaraan debatnya terlalu dini, saya khawatir pada hari pemungutan suara, masyarakat sudah lupa visi misi. Dan apa-apa yang disampaikan dalam debat. Makanya diselenggarakan agak merapat dengan hari pemungutan suara pada 17 April 2019,” tuturnya.

Lima kali penyelenggaraan debat ini dilakukan pada masa kampanye. Rinciannya, dua kali debat untuk calon presiden, satu kali untuk calon wakil presiden, serta dua kali untuk calon presiden dan wakil presiden.

Menurut Kadiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM KPU Sumedang Mamay Siti Maemunah Suhandi, debat pertama capres dan cawapres yang akan digelar pada 17 Januari 2019, adalah saat yang ditunggu.

Sebab, hampir seluruh rakyat Indonesia termasuk juga warga Sumedang, terutama mereka yang sudah memiliki hak pilih.

“Debat capres dan cawapres, selain akan memberikan efek peningkatan elektabilitas bagi kedua pasangan calon. Juga menjadi ajang sosialisasi Pemilu serentak 2019, karena diprediksi akan banyak masyarakat yang menonton,” ungkap Mamay, Kamis (10/1/2019).

Melalui debat publik, lanjut Mamay, masyarakat akan lebih mengenal capres dan cawapres.

“Selain itu, masyarakat akan mengingat pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, pada Rabu, 17 April 2019,” katanya.

Jadwal debat lengkap yang dirilis KPU RI adalah 17 Januari 2019 untuk debat 1, dengan tema Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme.

Kedua, 17 Februari 2019 untuk debat 2, dengan tema Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Infrastruktur.

Lalu, 17 Maret 2019 untuk debat 3 dengan tema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, Kebudayaan.

Debat keempat dilaksanakan pada 30 Maret 2019 debat 4 dengan tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional.

Terakhir, pada April 2019 (Tanggal masih tentatif) dengan tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan, Investasi, Perdagangan, Industri. eta

loading…