Zakat Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrem, di Jabar Terhimpun Rp1.6 Triliun

Zakat Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrem, di Jabar terhimpun Rp1.6 Triliun
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menunaikan pembayaran zakat mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (12/4/2022). ist/ruber.id

BERITA JABAR, ruber.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan, pembayaran zakat pada bulan Ramadan. Bertujuan untuk menyucikan diri demi membersihkan sebagian harta yang kotor.

Kang Emil (Sapaan Ridwan Kamil) menyampaikannya setelah menunaikan pembayaran zakat mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (12/4/2022).

Dalam kesempatan ini, Kang Emil menandatangani prasasti klinik Inggit Garnasih dan meluncurkan Rumah Singgah Baznas Jabar (Rengginas).

“Zakat itu ibaratnya menyucikan. Barang siapa yang tidak berzakat ibaratnya di dalam hartanya banyak kotoran. Nah untuk membersihkannya harus melalui zakat,” katanya.

Kang Emil menjelaskan, di bulan yang penuh dengan keberkahan ini, pembayaran zakat dilakukan dari level presiden ke gubernur. Hingga walikota/bupati kepada Baznas.

Baca juga:  Ridwan Kamil: Diharapkan Tarung Derajat Dapat Masuk Kompetisi Olahraga Bertaraf Internasional

“Di bulan Ramadan penuh keberkahan, kita menyelenggarakan kegiatan pembayaran zakat. Dari level presiden, gubernur, walikota/bupati kepada Baznas di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Kang Emil menyebutkan, menunaikan zakat di bulan Ramadan merupakan salah satu kegiatan yang bermaslahat. Tujuannya, untuk membantu warga yang membutuhkan.

“Ini sangat relevan dengan semangat Ramadan, yang terus kita carikan kegiatan-kegiatan yang bermaslahat,” ujarnya.

Target Baznas Jabar Rp1.6 Triliun