Waspada Longsor Susulan di Ciherang Sumedang

Waspada Longsor Susulan di Ciherang Sumedang
Warga diminta waspada longsor susulan di Ciherang Sumedang, Sabtu (15/1/2022). screenshoot/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – BPBD Sumedang mengimbau warga waspada akan terjadinya longsor susulan. Pasca-longsor besar yang terjadi di Dusun Sukasari RT 03/03, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/1/2022) sekitar pukul 16.30 WIB.

Kepala Pusdalops PB BPBD Sumedang Rully Surya S mengungkapkan, potensi terjadinya longsor susulan di Ciherang Sumedang cukup besar.

Mengingat, hujan masih intens mengguyur wilayah Sumedang.

“Untuk itu, kami imbau warga meningkatkan kewaspadaannya. Terutama, ketika hujan turun, karena potensi terjadinya longsor susulan masih ada,” ucapnya.

Rully menegaskan, dalam longsor tebing setinggi 150 meter dan lebar 80 meter di Ciherang Sumedang ini tidak menelan korban jiwa.

Adapun, seorang warga lanjut usia, bernama Aki Tata, yang fotonya viral di media sosial lolos dari maut saat terjadinya longsor.

Baca juga:  Angka Kematian Akibat Covid-19 di Sumedang Capai 62 Orang

Rully menjelaskan, selain longsor susulan, pihaknya juga mengimbau warga untuk tidak mendekati lokasi longsor radius 1 kilometer.

“Demi keamanan dan keselamatan bersama, kami imbau warga menjauh dari lokasi kejadian. Terutama, radius 1 kilometer dari lokasi longsor,” ucapnya.

Rully menyebutkan, akibat bencana longsor di Ciherang Sumedang ini, sekitar 2 hektare sawah rusak parah. Akibat lahan sawah tergerus dan tertimbun material longsoran.

Selain longsor susulan, warga Ciherang Sumedang, juga harus waspada akan terjadinya bencana banjir akibat material longsor yang menutup aliran Sungai Cipongkor, anak Sungai Cipeles.

Penulis/Editor: R003