21.4 C
Indonesia
Rabu, Juli 28, 2021
spot_img

Tips Menghilangkan Jejak Digital, Biasakan dari Sekarang

BERITA TEKNO, ruber.id – Melindungi data pribadi dengan tips menghilangkan jejak digital merupakan kebiasaan yang perlu diterapkan dari sekarang. Di dunia yang penuh dengan hacker ini, perlindungan privasi menjadi hal yang penting bagi semua orang.

Agar data pribadi tidak mudah bocor, sebenarnya ada cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Karena mudah, siapa pun bisa mempraktekkannya tanpa perlu menguasai IT.

Incognito

Salah satu opsi untuk melakukan penelusuran secara private adalah mode incognito di browser. Tips menghilangkan jejak digital dengan mode incognito ini tidak akan menyimpan jejak laman yang kamu kunjungi, penelusuran, bahkan keyword-keyword yang kamu pakai.

Namun, bukan berarti kamu tidak terlacak saat pakai mode ini. Ketika kamu menggunakan mode incognito saat membuka Facebook, maka jaringan media sosial tersebut masih bisa menyimpan aktivitas.

BACA JUGA:  Jangan Biarkan Charger HP Terus Menancap di Colokan, Akibatnya Sangat Fatal
BACA JUGA:  Kembangkan SDM, Logine Gandeng Pemkab Pangandaran

Hapus Pesan
Tips menghilangkan jejak digital selanjutnya praktekkan pada ponsel kamu. Hapus pesan-pesan secara rutin, bila perlu gunakan aplikasi chat yang memungkinkan penghapusan otomatis. Jika tidak, hapus secara manual pesan-pesan yang sudah terbaca.

Cara ini bertujuan untuk menjaga privasi. Jika terjadi kebocoran informasi saat ponsel diretas, percakapan pribadi tidak akan bocor. Lagipula, pesan-pesan yang dibiarkan bertumpuk bisa memakan ruang penyimpanan.

Batasi Pelacakan dari Aplikasi
Setiap aplikasi di ponsel memungkinkan pelacakan lokasi dan mencatat aktivitas pengguna. Namun, beberapa aplikasi juga akan berhenti melacak lokasi jika tidak diizinkan pengguna.

Tips menghilangkan jejak digital ketika menginstal aplikasi, periksa pengaturan terlebih dulu untuk menghentikan pelacakan. Jika tidak ada opsi ini, maka pengguna harus menghapus aktivitas di aplikasi tersebut secara manual.

BACA JUGA:  Mengenal Smartwatch Facebook, Jam Tangan Pendamping Ponsel
BACA JUGA:  Oppo Rilis A9 2020 RAM 8GB, Harga Ramah di Dompet

Hapus Riwayat Pencarian
Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat menyimpan data pengguna di cloud, kemudian mereka menyinkronkan informasi ke perangkat lain. Artinya, jika ingin menghilangkan log aktivitas, kamu harus menghapusnya dari berbagai platform.

Misalnya, jika akun Google menyimpan riwayat penelusuran dari ponsel, maka kamu juga harus menghapusnya di web yang tersinkron dengan akun sama.

Ini berlaku untuk semua produk Google yang kamu gunakan, mulai dari browser, Document, Spreadsheet, hingga Slide. (CW-004/Dewi)

BACA JUGA: Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor, Begini Caranya

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles