25.4 C
Indonesia
Minggu, September 26, 2021
spot_img

Bahaya Data Pribadi Bocor, Awas Jangan Asal Foto KTP

BERITA TIPS, ruber.id – Kali ini kita akan membahas mengenai bahaya data pribadi bocor alias kena hacking. Mungkin banyak orang yang tak sadar dan terbilang cuek dengan data pribadinya tersebar.

Padahal hal ini sangatlah berbahaya dan berakibat fatal bagi korbannya. Di Indonesia sendiri, karena banyak orang awam menjadikan target pencurian data pribadi ini sangat mudah.

Bahaya Data Pribadi Bocor
Ada berbagai cara untuk melakukan pencurian data oleh para hacker kepada siapapun itu. Bahkan ada yang secara terang-terangan melakukan kejahatan tersebut.

Ada beberapa aplikasi yang minta izin untuk bisa mengakses berbagai media sosial milik Anda. Hal ini salah Anda sendiri karena tak membaca syarat dan ketentuan yang diberikan.

BACA JUGA:  Musim Hujan Kabin Mobil Bau Tak Sedap? Hilangkan dengan Cara Ini
BACA JUGA:  Nyaris Habis Dihajar Massa, Pencuri Bertato Kelinci Ini Ketahuan saat Beraksi di Masjid RSUD Sumedang

Selain itu jangan sembarangan memfoto KTP dan juga selfie dengan e-KTP ke berbagai aplikasi. Apalagi mengunggahnya ke media sosial, ini sangat bahaya.

Berikut ini bahaya jika Anda tak hati-hati dalam menjaga data pribadi Anda.
Pembongkaran Password dan Pin

Pertama adalah pembongkaran password dari email, medsos hingga pin ATM. Hal ini karena pin ATM atau Password biasanya menggunakan tanggal lahir atau nama ayah dan lainnya.

Korban Pinjaman Online
Kita ilustrasikan saja ya agar paham. Misal si hacker ini sudah memiliki data pribadi Anda, KTP dan selfie dengan e-KTP.

Hacker ini bisa mengajukan pinjaman online kemana pun. Kemudian tiba-tiba Anda ditagih oleh penyedia pinjaman online. Mau tak mau Anda pasti dipaksa membayar karena data diri Anda yang digunakan saat meminjam.

BACA JUGA:  Bijak Menggunakan Media Sosial, 5 Hal Ini Boleh Diunggah
BACA JUGA:  Bijak Menggunakan Media Sosial, 5 Hal Ini Boleh Diunggah

Kejahatan Politik
Selanjutnya ini agak berat dan mungkin tak begitu merugikan bagi Anda. Hanya saja negara yang akan dirugikan.

Dengan data diri Anda yang bocor para hacker ini bisa leluasa memanipulasi data. Hal ini biasanya kerjaan para buzzer politik untuk menggelembungkan hoaks ke media sosial.

Database Telemarketing
Terakhir, nomor HP Anda akan menjadi database bagi telemarketing. Anda pasti sering menerima SMS tentang perjudian hingga pesugihan.

Pikirkan di mana mereka bisa mendapatkan nomor Anda? apakah random? itu mustahil, melainkan Anda mencantumkan nomor Anda di beberapa platform misal Facebook.

Itulah bahaya data pribadi bocor kepada orang-orang yang tak bertanggung jawab. Jadi, lebih bijak dan berhati-hati kala menggunakan aplikasi dan juga internet. (CW-005/Putra)

BACA JUGA:  Curi Onderdil Pabrik di Sumedang, Diringkus Polisi

BACA JUGA: Keputusan Penting yang Butuh Banyak Biaya, Siapkan Sebelum Menyesal

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles