Tingkatkan Kesejahteraan Warga, Dandim Sumedang Ajak Lintas Sektor Sukseskan TMMD ke 105

  • Bagikan
Img
NIAT carisuami
DANDIM 0610/Sumedang Letkol Arh. Novianto Firmansyah rakor TMMD ke 105 bersama Wabup Sumedang Erwan Setiawan dan jajaran SOPD serta stakeholder terkait, Selasa (2/7/2019). ist/ruang berita

SUMEDANG, ruber — Sebagai upaya TNI membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, Kodim 0610/Sumedang siap melaksanakan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 105 di wilayah Sumedang.

Program TMMD ke 105 tahun 2019 ini akan dilaksanakan serentak di 50 kabupaten/kota se Indonesia.

BACA JUGA: Dandim Sumedang Tinjau Lokasi TMMD ke 105

Di Kabupaten Sumedang, TMMD akan dilaksanakan di Kampung Jeungjing Dusun 2 Desa Padanaan Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Pelaksanaanya akan dimulai pada 9 Juli hingga 8 Agustus 2019.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan di lokasi tersebut meliputi cor beton jalan sepanjang 1.000 meter dengan lebar 2.5 meter.

Selain itu, kata Dandim, Kodim 0610/Sumedang juga akan mengerjakan pengerasan jalan sepanjang 200 meter.

Lalu, pengerjaan jembatan Sungai Cibodas sepanjang 12 meter, dengan tinggi 2.5 meter dan lebar 3 meter.

“Kami juga akan rehab jembatan Sungai Cijeungjing sepanjang 17 meter dan Lebar 2.3 meter.”

“Pekerjaan beton plat semi jembatan Ciereng sepanjang 4 meter dan lebar 3 meter serta tinggi 2.5 meter,” ucapnya kepada ruber, usai Rakor TMMD 2019, di Aula Tampomas Setda Sumedang, Selasa (2/7/2019).

Selain itu, lanjut Dandim, akan dibuat pula, 4 unit sayap jembatan panjang 5 meter, tinggi 2.5 meter, lebar 0.3 meter.

Kemudian, pilar tengah jembatan panjang 4 meter, tinggi 2.5 meter, lebar 1 meter.

Pembuatan loneng jembatan panjang 3 meter, tinggi 1 meter, lebar 45 sentimeter.

Pembuatan TPT 4 unit, dan pembuatan TPT sayap jembatan sungai cibodas Panjang 16.5 meter, tinggi 2.5 meter, lebar 30 sentimeter.

Lalu, pekerjaan gorong-gorong 6 unit, rehab gorong-gorong 2 unit, dan kupas tanah 4 meter tinggi 1.5 meter.

Tak hanya itu, kata Dandim, dalam pelaksanaannya akan ada sasaran tambahan berupa rehab masjid dengan ukuran 5×7 meter, pembuatan MCK 3×2 meter, dan pembuatan pos kamling ukuran 3×3 meter.

“Selain kegiatan fisik dalam program TMMD kali ini, juga dilaksanakan kegiatan nonfisik.”

“Di antaranya, penyuluhan kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara dan bela negara serta keamanan dan ketertiban masyarakat,” tuturnya.

Dandim berharap, melalui TMMD ke 105 ini, dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisik maupun nonfisik dalam rangka menciptakan suasa yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas kamdagri.

“Untuk itu, saya berharap kepada tiap SOPD dan stakeholder terkait lainnya di Kabupaten Sumedang ini dapat mendukung dan memfasilitasi segala keperluan terkait pelaksanaan TMMD ini,” harapnya.

Sementara itu, Wabup Sumedang H Erwan Setiawan mengatakan menyambut positif kegiatan TMMD ke 105 ini.

“Saya harap kegiatan ini dapat mempererat jalinan silaturahmi antara TNI dan masyarakat serta mampu  berkoordinasi dengan pemerintah sehingga menghasilkan output berupa kemajuan insfrastur jalan di daerah-daerah terpencil.”

“Sehingga, juga mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Sumedang dan mempermudah segala aktivitasnya,” ucapnya. luvi

loading…


  • Bagikan