Tabrakan Kapal di Perairan Indramayu, 15 ABK Masih Dicari

BERITA INDRAMAYU, ruber.id – Sebanyak 17 anak buah kapal atau ABK dilaporkan hilang, dalam insiden tabrakan kapal MV Barokah Jaya dengan MV Habco Pioneer di Perairan Indramayu, Sabtu (3/4/2021) jam 16.45 WIB.

Hingga Minggu (4/4/2021), tim SAR gabungan telah menemukan dua korban dalam kondisi tewas. Korban pertama ditemukan pada jam 07.00 WIB, korban tersangkut di jaring.

Sedangkan satu korban lainnya ditemukan pada jam 08.00 WIB. Korban ditemukan di kapal MV Barokah Jaya yang jaraknya 50 meter dari MV Habco Pioneer.

Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansah mengatakan, hingga saat ini Tim BSG telah memastikan bahwa di LKP tak ada lagi korban di dalam MV Barokah Jaya.

Baca juga:  Ridwan Kamil: Progres IPAL Citarum Harum Hadirkan Manfaat Bagi Wilayah Bandung Raya

“Sekarang tim SAR gabungan terus melanjutkan pencarian 15 ABK MV Barokah Jaya yang hilang di perairan Indramayu,” kata Deden.

Deden menjelaskan, insiden tabrakan kapal tersebut terjadi di sekitar koordinat 5°37’35.00″S-108°17’18.00″E.

“Kami melakukan pencarian di sekitar Last Know Position atau LKP. Pencarian dilakukan dengan menggunakan KN SAR Wisnu, KM Baru Rugem, dan RIB 09 Bandung,” jelasnya.

15 ABK Masih Dalam Pencarian

Selain itu, sambung Deden, tim SAR gabungan juga akan melakukan penyelaman untuk mencari korban. Pencarian itu akan dilakukan oleh tim penyelam Basarnas Special Group atau BSG.

“Jika korban ditemukan, selanjutnya korban akan dievakuasi menggunakan KN SAR Wisnu. Hingga saat ini 15 ABK masih dalam pencarian,” ucapnya.

Baca juga:  Lancarkan Lalu Lintas Masjid Raya Al Jabbar, Pemkot Bandung Rekayasa Jalan

Sebelumnya, hingga Minggu sekitar jam 06.55 WIB, 15 korban berhasil selamat. Sudah dievakuasi oleh MV Habcoo Pioneer dan telah dipindahkan ke KN SAR Wisnu Jakarta. Sedangkan 17 ABK lainnya hilang paskakejadian.

“Unsur SAR yang terlibat operasi pencarian yakni, Basarnas Bandung, Basarnas Jakarta, Lanal Cirebon. Lalu UPP Indramayu, Satpolair Polres Cirebon dan HNSI Indramayu,” sebutnya.

Deden menambahkan, tim SAR dilengkapi alut KN SAR Wisnu, RIB 09 Bandung, KM Baru Ragem. Kemudian, truck personel 1 unit, Rescue car doble cabin 1 unit dan Rescue carrier 1 unit. (R003)

BACA JUGA: Kapal Nelayan Terbalik di Laut Indramayu, 17 ABK Hilang