19.4 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
spot_img

Skill Berbuah Manis, Mahasiswa Jurusan Sastra Ini Merintis Bisnis Jasa Desain

SUMEDANG, ruber — Saat ini mahasiswa yang merintis bisnis sudah tak asing lagi. Misalnya bisnis yang dirintis oleh Restu Eka Prihananto.

BACA JUGA: Jasa Antar-Jemput Laundry Lebih Menguntungkan dari Bisnis Makanan

Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) asal Purwakarta ini membuka bisnis jasa desain.

Walaupun Restu merupakan mahasiswa jurusan sastra, kebolehannya mendesain menggunakan aplikasi Photoshop dan Coreldraw tidak perlu diragukan lagi.

“Segala bentuk desain, insya Allah dilayani,” ujarnya kepada ruber, Selasa (22/1/2019).

Berawal dari masuk ke sebuah organisasi himpunan di kampusnya, Restu sering mendapat proyek membuat desain, baik logo organisasi atau poster acara.

“Jujur sih awalnya nggak pede mau buka jasa desain, ngerasa hasil desain saya biasa saja,” katanya.

Seiring berjalannya waktu, Restu mengaku banyak dorongan dari teman-temannya untuk mulai merintis bisnis jasa desain karena ia memiliki potensi yang bagus untuk menjalankan bisnis tersebut.

“Banyak temen yang seneng dengan hasil desain saya. Terus ada juga yang usul kenapa nggak buka jasa desain gitu. Akhirnya berkat dorongan teman dan pengalaman beberapa kali proyek, dibikin deh,” akunya.

Restu memaparkan, untuk menggunakan jasanya, para pelanggan ditawarkan beberapa paket, karena mendesain merupakan hal yang sedikit sulit apalagi dia juga memiliki kesibukan kuliah.

“Harganya paketan gitu. Misalnya dengan harga 100 ribu, costumer dapat 1 konsep logo ditambah 2 kali revisi,” paparnya.

Untuk saat ini, bisnis jasa desainnya hanya dipromosikan lewat akun instagram bisnisnya, @karyamata.

Restu merasa, kesulitan yang dialaminya dalam merintis bisnis design yaitu mencari costumer dan follower karena bisnisnya ini terhitung baru saja dirintis.

“Target pasarnya sih buat yang baru punya bisnis pasti, atau mahasiswa yang punya tugas desain tapi nggak bisa mendesain,” katanya.

Softskill dan pengalaman yang dimiliki Restu telah membuktikan bahwa untuk mulai merintis bisnis tidak selalu berupa barang, jasa juga dapat digunakan untuk berbisnis dan mendapatkan keuntungan. riany/mg

loading…


BACA JUGA:  BPJAMSOSTEK Siap Fasilitasi Perlindungan Non-ASN Kemenag

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles