Satpam di Sumedang Diminta Tingkatkan Kompetensi Diri

  • Bagikan
Satpam sumedang ruber id
Satpam sumedang ruber id

Satpam di Sumedang Diminta Tingkatkan Kompetensi Diri

SUMEDANG, ruber.id — Satpam di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat diminta untuk terus meningkatkan kompetensi diri.

Satuan pengamanan (Satpam) jiga harus mampu membangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, Polri dan pemerintah daerah dalam memelihara stabilitas keamanan.

BACA JUGA: Polda Jabar Razia Satpam ‘Ilegal’ di Pangandaran

Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan menyebutkan, Satpam memiliki peran strategis.

Baik itu dalam upaya memelihara Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu usaha pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi.

“Kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas dituntut makin profesional,” kata Erwan saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HUT ke 39 Satpam, di Mapolres Sumedang, Senin (30/12/2019) kemarin.

Dalam implementasinya, kata Erwan, Satpam harus mampu mendeteksi tiap potensi kerawanan yang terjadi di wilayah kerja masing-masing.

Melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat serta melaporkan kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

Oleh karena itu, kata Erwan, eksistensi Satpam dapat makin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing.

Maka, lanjut Erwan, diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal.

Di antaranya, melalui proses perekrutan yang selektif serta pemingkatan kapasitas yang berkualitas. Baik itu pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya maupun Gada Utama.

Erwan berharap, momentum HUT Satpam tahun 2019 ini dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan.

“Sehingga, pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang,” ujar Erwan. luvi

Baca berita lainnya: Tingkatkan Kemampuan, Satpam di Pangandaran Ikuti Pelatihan Penanganan Bencana

  • Bagikan