Puntung Rokok Sambar Cairan Alkohol, Pabrik di Conggeang Sumedang Terbakar

Pabrik di Conggeang Terbakar akibat Puntung Rokok
Petugas Damkar Sumedang padamkan api yang membakar pabrik di Conggeang, Jumat (16/7/2021). ist/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Diduga akibat puntung rokok menyambar cairan alkohol, sebuah pabrik di Dusun Conggeang Wetan, Desa Conggeang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang terbakar, Jumat (16/7/2021) siang.

Peristiwa kebakaran pabrik milik PT Warwah, Conggeang, Sumedang yang disebabkan puntung rokok ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Akibat Puntung Rokok, Pemilik Pabrik Rugi Rp100 Juta

Kepala Satpol PP, Damkar dan Linmas Kabupaten Sumedang Bambang Rianto mengungkapkan, peristiwa kebakaran ini akibat puntung rokok yang menyambar cairan rokok di dalam pabrik.

Akibat peristiwa ini, sambung Bambang, bangunan seluas 400 meter persegi berikut barang di dalamnya ludes terbakar. Sehingga, pemilik pabrik yakni H Iwa Wahyudin, menderita kerugian mencapai Rp100 juta.

Baca juga:  400 Pengusaha Nasional Gowes Bareng Ardindo

“Kebakaran dipicu akibat puntung rokok yang menyambar cairan alkohol di dalam pabrik. Luas area terbakar mencapai 400 meter persegi,” ungkap Bambang.

Bambang menjelaskan, pihaknya menerima laporan kebakaran ini pukul 14.10 WIB. Setelah menerima laporan, tim URC Damkar Wilayah Conggeang menuju lokasi untuk memadamkan api. Tim Damkar Sumedang, dibantu Polsek Conggeang dan warga setempat dalam memadamkan api yang melalap pabrik tersebut.

“Proses pemadaman api di pabrik PT Warwah ini selesai pukul 15.40 WIB. Dari peristiwa ini, aset pabrik terselamatkan mencapai Rp500 juta. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” jelas Bambang.

Waspadai Potensi Kebakaran

Bambang mengimbau kepada warga maupun pemilik pabrik di wilayah Kabupaten Sumedang untuk lebih waspada akan potensi terjadinya kebakaran. Waspadai sumber api yang dapat memicu kebakaran.

Baca juga:  Cincin di Jari Warga Sukasari dan Rancakalong Ini Sulit Dilepas, Damkar Sumedang Turun Tangan

“Periksa secara berkala instalasi kelistrikan yang ada di rumah maupun di pabrik. Periksa kondisi tabung gas, dan waspadai seluruh potensi api lainnya yang dapat memicu kebakaran di lingkungan sekitar,” ajak Bambang. (R003)