Pembangunan IPAL Komunal Dan TPS 3R, Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat

Pembangunan IPAL Komunal Dan TPS 3R
Pembangunan IPAL Komunal Dan TPS 3R, Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat

Bandung, Ruber.id – Berbagai upaya terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum dengan pembangunan IPAL Komunal dan TPS 3R. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat dalam menjaga lingkungan lebih baik.

Pembangunan ini dilakukan oleh Sektor 1 Satgas Citarum Harum di Kampung Bukatanah Desa Cikembang RT 01 RW 09 Kecamatan Kertasari, Kab. Bandung.

Pembangunan IPAL dan TPS 3R di Kab. Bandung

Dansektor 1 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi mengatakan, proses pembangunan IPAL Komunal dan  TPS 3 R terus diakukan oleh Satgas dibantu oleh masyarakat sekitar.

“Pekerjaan yang dilaksanakan saat ini sudah samapi ke pemasangan dinding ruang petugas, kamar mandi, WC dan pelepasan pembatas dinding cor,” kata Purwadi. Ia mengatakan pada saat pengecekan progres pembangunan IPAL Komunal dan TPS 3 R, Rabu (26/05/2021).

Baca juga:  ITB Bakal Gratiskan UKT Seleksi Mandiri untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Menurut Purwadi, pembangunan IPAL Komunal dan TPS 3 R tersebut sebagai upaya membina lingkungan agar menjadi lebih sehat. Serta untuk menghindari terjadinya pencemaran terhadap sumur warga sehingga warga terjaga kesehatannya. .

“Kita ingin lingkungan serta masyarakat terjaga kesehatannya, kita mulai dengan pembangunan IPAL dan TPS 3 R,” kata Purwad membahas IPAL dan TPS 3R.

Selain melakukan pengecekan  pembangunan IPAL Komunal dan TPS 3 R  di Kampung Bukatanah. Dansektor 1 juga melakukan pengecekan pembangunan IPAL Komunal di Kampung Lebak RT 03 RW 25 Dusun Goha Desa Tarumajaya dengan hasil pekerjaan sampai saat ini 42 persen.

Kemudian pengecekan pembangunan juga dilakukan di tempat lain yaitu IPAL di Kampung Pinggirsari RT 01 RW 13 Desa Cihawuk. Hasil pekerjaan di desa Cihawuk ini sementara 33 persen. Sementara untuk pembangunan TPS 3 R di RT 03 RW 09 Kampung Lembangsari Desa Tarimajaya Kecamatan Kertasari dengan hasil pekerjaan sudah 35 persen. 

Baca juga:  Penumpang Terjepit Saat Bus Kramat Jati Terbalik

Pembangunan IPAL Komunal dan TPS 3R ini demi terwujudnya lignkungan sungai Citarum yang bersih dan sehat. Sehingga Citarum juga bisa menjadi salah satu objek wisata warga Jabar khususnya dan umumnya semua turis. (CW-005 Putra)