Pasir Datar Tasikmalaya, Wisata ala Bromo Dijamin Seru Abis

Pasir Datar Tasikmalaya, Wisata ala Bromo Dijamin Seru Abis
Foto from Instagram @pasir_datar

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Pasir Datar Tasikmalaya, salah satu wisata alam yang terkenal dengan sebutan Bromo nya Tasik.

Destinasi ini berada di Gunung Galunggung, alamatnya Jalan ke Kawah, Kelurahan Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Spot ini bisa menjadi perjalanan yang menantang, namun tetap tak kalah asyiknya cocok untuk memacu adrenalin.

Tak salah, Pasir Datar ini sering disebut mirip dengan Gunung Bromo sebab dari tekstur tanah dan geografisnya sangatlah mirip.

Pasir Datar Tasikmalaya

Pemandangan hamparan pasir, serta keindahan alam khas pegunungan akan membuat wisatawan merasakan sensasi tak biasa.

Pada kawasan wisata ini, terdapat berbagai kegiatan luar ruangan yang bisa pengunjung lakukan bersama teman-teman atau keluarga.

Baca juga:  Aktivis NU Kota Tasikmalaya Gelar Aksi, Tuntut Pelaku Pengeroyok Ajengan Muda Ditangkap

Terdapat lokasi camping ground, area sepeda motor trail adventure, mobil offroad, serta sepeda gunung yang akan menyenangkan hari liburmu.

Pengelola juga telah menyediakan tiga jenis arena offroad secara terpisah, untuk jalur sepeda motor trail yang memiliki jalannya sendiri begitu pula untuk sepeda gunung dan mobil offroad.

Daerah Pasir Datar sendiri, merupakan sebuah kawasan perkebunan yang terdapat tanaman Pakis kopi dan lainnya.

Tempat ini juga dikelola Perum Perhutani KPH Tasikmalaya divisi regional Jawa Barat dan Banten bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan.

Bagi pengunjung, sebelum masuk area pasir datar kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk satu mobil dan Rp5000 untuk sepeda motor.

Baca juga:  Miris, Vandalisme Masih Saja Ada dan Merusak Keindahan Alun-alun Kota Tasikmalaya

Fasilitas yang bisa wisatawan gunakan terdapat toilet, mushola, dan sumber air bersih untuk bersih-bersih badan.

Kemudian wisatawan bisa mengakses jalan Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya untuk menuju ke destinasi wisata tersebut.

Lalu, dari Jalan Lingkar Ciawi-Singaparna masuk menuju Jalan Sinagar-Linggarjati, akses ini merupakan belokan kedua setelah jalan menuju Cipanas Galunggung.

Meskipun buka 24 jam, namun alangkah lebih baik jika ingin berkunjung datanglah sebelum gelap karena perjalanan ke destinasi cukup menantang.

Wisata alam ini juga sangat recommended bagi kamu pecinta petualangan, dan penyuka aktivitas menantang dan memacu adrenalin.

Selain aktivitas offroad, di Pasir Datar Tasikmalaya ini kamu juga bisa camping menikmati sisa hari liburmu sebelum kembali beraktivitas.