GARUT  

Pantai Ranca Buaya Garut: Berwisata Alam Bebas Polusi, Cara Healing Terbaik

Pantai Ranca Buaya Garut, Berwisata Alam Bebas Polusi Cara Healing Terbaik
Foto from ulasan google Dika Prananda Putra

BERITA GARUT, ruber.id – Pantai Ranca Buaya Garut, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi untuk sejenak menghindari polusi kota.

Setelah beraktivitas padat di perkotaan, tentu saja kita perlu berwisata ke alam bebas sebagai salah satu cara healing terbaik.

Pantai ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, dari pusat kota jaraknya kurang lebih sekitar 135 kilometer.

Meskipun belum familiar dan jarang diketahui wisatawan, namun tempat ini memiliki pemandangan lautan cantik nan menawan.

Pantai Ranca Buaya Garut

Pantai Ranca Buaya memiliki banyak bebatuan karang yang cukup besar, serta tebing bantuannya tinggi juga air terjun nya menghadap ke pantai.

Baca juga:  Sempat Tertutup Longsor, Jalur Bandung-Garut via Cisewu Sudah Kembali Normal

Air lautnya berwarna biru jernih serta bersih hamparan pasir nya terdiri dari pasir halus batu karang dan pasir kasar yang berada di sepanjang tepi pantai.

Banyak rumput laut dan ganggang hijau tumbuh pada kemiringan laut yang landai, sedangkan fauna yang paling dominan adalah ikan tuna dan ikan karang 

Kemudian, terdapat juga jenis hewan laut yang dapat kamu jumpai seperti kepiting laut bintang laut dan juga kerang.

Ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan, bisa pengunjung beli tentunya ikan-ikan tersebut masih segar dan dapat langsung kamu nikmati pada tepi pantai bersama keluarga.

Pantai ranca buaya sendiri merupakan pantai dengan tipe batu karang dan merombak besar sehingga tidak diperbolehkan adanya aktivitas berenang.

Baca juga:  Dokter di Garut Meninggal Dievakuasi Petugas Pakai APD, Kasus COVID-19 Terus Melonjak

Ikan kecil warna warni yang terjebak pada batu karang, dapat pengunjung lihat saat air laut sedang surut. Sembari menikmati keindahan matahari yang sedang tenggelam tentunya.

Pantai ini buka setiap hari 24 jam dengan tiket masuk Rp5000 per orang. Ada beberapa jalur yang bisa pengunjung lewati untuk menuju ke tempat ini.

Jalur pertama, kamu bisa lewat Pameungpeuk kemudian baru sampai di Ranca Buaya dengan kondisi jalannya yang cukup baik.

Untuk jalur kedua yaitu melalui Bandung lewat Pangalengan, dan untuk jalur ketiga juga melalui Bandung. Tetapuapi melewati Ciwidey kemudian Cidaun, dan barulah sampai di pantai tersebut.

Fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola juga sudah cukup lengkap. Seperti terdapat banyak hotel kecil dan villa untuk wisatawan dari luar kota.

Baca juga:  Jelang Pilkades Serentak di Garut, Semua Diminta Taat Prokes

Jadi, jika ingin mengunjungi objek wisata Pantai Ranca Buaya Garut ini tak perlu khawatir akan susah mencari penginapan karena sudah tersedia.