GARUT  

Leuwi Jurig Garut, Sungai Jernih Alami Penuh dengan Misteri

Leuwi Jurig Garut, Sungai Jernih Alami Penuh Dengan Misteri
Foto from Instagram @thisisindonesia

BERITA GARUT, ruber.id – Leuwi Jurig Garut, destinasi wisata yang menjadi kebanggaan warga Bungbulang sebab selalu ramai wisatawan.

Objek wisata ini, berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang  Kabupaten Garut, Jawa Barat, lokasinya memang cukup sulit untuk dijangkau.

Namun, meskipun begitu curug ini bagaikan surga dunia yang tersembunyi di balik tebing karang tinggi dengan pemandangan alam sangat mempesona.

Dengan kedalaman air lebih dari 10 meter, warna airnya terlihat lebih hijau dan tenang serta nyaman untuk dipandang lama-lama.

Leuwi Jurig Garut

Pada pinggiran sungai terdapat bebatuan besar yang bisa kamu gunakan sebagai pijakan untuk selfie atau sekedar bermain air.

Tetapi, pengunjung tetap harus berhati-hati terutama bagi yang tak bisa berenang karena jika tidak bisa saja tenggelam atau terjadi hal-hal yang.

Baca juga:  Legislator Gandeng Pemkab Garut Bersihkan Situ Bagendit

Menariknya, tiket masuk yang harus kamu bayar tidaklah mahal hanya sebesar Rp2000 saja bahkan nominal tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan bermotor.

Jika belum pernah datang ke tempat ini, sebaiknya meminta petunjuk dari warga sekitar atau dengan memanfaatkan aplikasi GPS.

Desa Bojong tak jauh dari Sasak Rampit, di mana terdapat sebuah jembatan lebih Jurig sebagai jalan utama menuju lokasi wisata.

Saat melintasi jembatan tersebut, butuh kehati-hatian ekstra karena jalannya cukup terjal dan landai sehingga rentan terjadi pengunjung yang terpeleset.

Wisata alam ini dibuka untuk umum setiap hari, dan sebenarnya tak ada batasan waktu jika ingin datang ke tempat ini.

Tetapi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya datanglah sebelum matahari terbenam atau sebelum gelap.

Baca juga:  Kasus Ayah Hamili Anak di Garut, KAMMI Minta P2TP2A Fokus Penanganan di Daerah

Selain panorama alam yang indah terdapat mitos yang beredar. Salah satunya adalah para penghuni sungai ini selalu meminta tumbal berupa nyawa.

Korbannya yang telah tercatat tak hanya karena kecelakaan lalu lintas yang ada di jembatan saja. Namun, beberapa juga disebabkan karena tenggelam di perairan yang cukup dalam.

Leuwi Jurig ini memiliki permukaan air yang tenang, namun arus pada bagian bawah atau dasar sungai terkadang cukup deras.

Oleh karena itu, pengunjung yang tak bisa berenang sangat dilarang untuk mandi dan bermain di area berbahaya ini.

Meskipun terdapat misteri di dalamnya, Leuwi Jurig Garut ini tetap wajib kamu kunjungi untuk berwisata menikmati sungai jernih yang masih alami.