Menanti Alibi Yana, Pria Misterius, Duta Cadas Pangeran Sumedang

  • Bagikan
Yana Duta Cadas Pangeran Sumedang
Sejumlah meme yang tersebar di media sosial sejak Yana ditemukan di kawasan Dawuan, Majalengka. sebaran WhatsApp/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Menanti alibi Yana, motif dan penjelasan selengkapnya. Mungkin hal ini yang saat ini sangat ditunggu warga, setelah tiga hari kehebohan yang ia timbulkan berakhir dengan dugaan kebohongan.

Ya, pemilik nama asli Yana Supriatna, 40, ini sebelumnya membuat heboh dan gaduh se-Kabupaten Sumedang hingga jagat maya. Setelah sebelum menghilang, ia mengirimkan pesan suara bernada aneh (Seperti minta tolong) kepada sang istri.

Setelah mengirim pesan suara aneh ini, handphone Yana mati total.

Istri dan keluarga merasa resah dengan dua pesan suara yang Yana kirim via pesan singkat, WhatsApp.

Hingga akhirnya, pihak keluarga melakukan pencarian.

Peristiwa tersebut terjadi Selasa (16/11/2021) bakda Magrib menjelang Isya.

Dari salah satu pesan suara yang Yana kirim, keluarga mendapat informasi bahwa Yana berada di salah satu masjid di wilayah Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

Keluarga yang merasa resah mendengar suara rintihan pada pesan suara kedua yang Yana kirimkan, akhirnya memutuskan mencari Yana.

Alhasil, singkat cerita, pihak keluarga menemukan motor Honda Supra nopol Z 2333 AB yang dibawa Yana berada di Jalan Raya Bandung-Cirebon. Tepatnya, di wilayah jembatan Cadas Pangeran, Kecamatan Sumedang Selatan.

Pihak keluarga menemukan motor terparkir di samping kanan, jika dilihat dari arah Sumedang menuju Bandung.

Saat kali pertama ditemukan, motor Yana dalam keadaan terkunci setang leher.

Selain itu, helm merek INK full face milik Yana juga ditemukan menggantung di motor.

Setelah melihat kejanggalan-kejanggalan tersebut, pihak keluarga akhirnya melaporkan kepada Polsek Sumedang Selatan bahwa Yana telah hilang.

Baca juga:  Dianggap Gagal Nakhodai Golkar, Sejumlah PK di Sumedang Tuntut Mundur Sidik Jafar Cs

Hal ini, dibenarkan pihak kepolisian yang menyatakan bahwa pihak keluarga melaporkan adanya orang hilang di kawasan Cadas Pangeran pada Selasa malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Setelah menerima laporan itu, jajaran kepolisian, TNI hingga BPBD Sumedang menelusuri kawasan Cadas Pangeran. Dari atas hingga ke bawah jembatan.

Pencarian Yana pada hari pertama ia menghilang itu dilakukan hingga Rabu (17/11/2021).

Namun, karena Yana tak kunjung ditemukan, tim SAR gabungan akhirnya memutuskan melanjutkan pencarian keesokan paginya.

Spekulasi Mistis Mulai Recoki Kasus Yana

Sehari pasca-menghilang, berbagai spekulasi terkait menghilangnya Yana terus berkembang.

Mulai dari dugaan kriminalitas hingga spekulasi mistis yang berkembang di kawasan Cadas Pangeran, yang memang dikenal memiliki sejarah kelam.

Dari beragam pesan WhatsApp yang beredar dari grup ke grup, spekulasi yang menggelitik akal sehat yaitu terkait keberadaan ular kuning di kawasan Cadas Pangeran.

Dalam pesan yang beredar melalui screenshoot foto pesan WhatsApp tersebut, Yana disebutkan dibawa ular kuning gaib yang berada di kawasan Cadas Pangeran.

Tak hanya itu, sejumlah media juga merilis sejumlah pernyataan dari ahli supranatural terkait spekulasi gaib yang memungkinkan hilangnya Yana di Cadas Pangeran.

Tim SAR Gabungan Fokus Lakukan Pencarian

Di sisi lain, sejak hari kedua hingga hari ketiga Yana dinyatakan hilang, tim SAR gabungan sekuat tenaga berupaya mencari pria yang bekerja di salah satu kantor notaris di Kecamatan Jatinangor ini.

Baca juga:  Erwan Akselerasi Visi Sumedang Simpati di Dua Kecamatan

Bahkan, Basarnas Bandung juga terjun ke lokasi atas permintaan dari pihak kepolisian untuk melakukan pencarian.

Melalui rilis resminya, Basarnas Bandung menyatakan, menerima laporan orang yang hilang di kawasan Cadas Pangeran tersebut dari pihak kepolisian pada Kamis (18/11/2021) pukul 09.30 WIB.

Setelah menerima informasi, Basarnas Bandung menerjunkan satu tim rescue untuk pencarian.

Selain Basarnas Bandung, anjing pelacak K-9 juga diterjunkan Polda Jabar untuk melacak keberadaan korban melalui helm dan baju Yana.

Pada hari ketiga pencarian (Kamis) hingga pukul 13.00 WIB, tim SAR menghentikan pencarian karena cuaca hujan.

Kamis petang, kabar mengejutkan datang. Kabar tersebut menyatakan bahwa Yana berada di wilayah Cirebon dalam keadaan sehat.

Kabar yang beredar melalui pesan suara WhatsApp tersebut juga meminta untuk menghentikan pencarian di kawasan Cadas Pangeran.

Tak hanya pesan suara, beredar pula foto Yana bersama sejumlah orang.

Meski telah beredar secara berantai, pada mulanya kabar tersebut diragukan kebenarannya.

Sebab, pihak kepolisian belum mengonfirmasi kebenaran dari informasi yang beredar tersebut.

Kamis malam, Kabag Ops Polres Sumedang AKP Hario Prasetyo Seno baru memastikan bahwa Yana memang telah ditemukan dalam keadaan sehat wal afiat di wilayah Dawuan, Majalengka.

“Benar. Yang bersangkutan kami temukan dalam keadaan sehat wal afiat di wilayah Dawuan,” jelas Hario di rumah dinas Kapolres Sumedang, Kamis malam.

Baca juga:  Demo, Warga Jatigede Blokade Jalan Nasional dan Kawasan IPP Sumedang

Sejak Kamis malam pula, jagat maya dibuat heboh.

Beredar Meme Lucu, Video, dan Sticker hingga Yana Dinobatkan sebagai Duta Cadas Pangeran

Sejak adanya kabar yang memastikan bahwa Yana telah ditemukan dalam keadaan aman, jagat maya dibuat gaduh.

Melalui kreativitasnya, warganet membuat meme-meme dari yang lucu, bernada sindiran hingga hujatan. Mulai dari foto, video hingga sticker WhatsApp.

Dari sekian banyak meme yang beredar di media sosial WhatsApp, Facebook hingga Twitter, Yana disebutkan layak dinobatkan menjadi Duta Cadas Pangeran.

Yana yang dianggap telah membuat gaduh ini juga dijadikan sebagai sampul film Ada Apa dengan Cinta, pengganti aktor Nicholas Saputra. Dengan tulisan Ada Apa dengan Yana?.

Kemudian, beredar pula foto perubahan kata Cadas Pangeran yang berada di kawasan tersebut dari nama aslinya CADAS PANGERAN berubah menjadi TUGU YANA.

Muncul pula, meme bertuliskan Kuncen Tutup Gara gara Yana hingga sticker WhatsApp dengan foto Yana bertuliskan Maaf Anda Kena Frank (Prank).

Banyak lagi meme dan status-status WhatsApp lainnya yang beredar.

Pasca-kegaduhan yang ditimbulkan Yana, menarik untuk dinanti alibi Yana hingga disebut hilang misterius di kawasan Cadas Pangeran.

Terkait alibi, motif, dan penjelasan Yana, pihak kepolisian belum memberikan keterangan resminya.

“Kami masih mendalaminya, penjelasan selengkapnya akan disampaikan Pak kapolres besok (Jumat),” ungkap Kabag Ops Polres Sumedang AKP Hario Prasetyo Seno kepada sejumlah wartawan di rumah dinas Kapolres Sumedang, Kamis malam.

Penulis/Editor: Tim ruber.id

  • Bagikan