Sunday, 5 Jul 2020

Lelah dengan Padatnya Aktivitas Pekerjaan? Lakukan Hal Ini untuk Mengurangi Stres

Baca Juga

Semen Padang vs Persib Berakhir Imbang, Viking Jatinangor Senang

SUMEDANG, ruber -- Meski bermain imbang tanpa gol, ratusan anggota Viking Jatinangor, Kabupaten Sumedang mengaku puas melihat permainan tim kebanggaannya kala bermain tandang kontra...

Ini Segudang Manfaat Masker Kopi untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

Ini Segudang Manfaat Masker Kopi untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu ruber.id -- Setiap orang tentunya ingin memiliki wajah yang bersih, cerah dan menawan. Saat ini,...

Peserta yang Lolos Tes CPNS Lengkapi Berkas untuk Pengajuan NIP

PANGANDARAN, ruber -- Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian BKPSDM Kabupaten Pangandaran Supendi mengatakan, peserta yang lolos tes CPNS/CASN melakukan pemberkasan untuk pengusulan NIP. "Jadwal...

Banjir dan Longsor di Kota Depok di Luar Dugaan, Pemerintah Tambah Anggaran Pengawasan Setu

Banjir dan Longsor di Kota Depok di Luar Dugaan, Pemerintah Tambah Anggaran Pengawasan Setu KOTA DEPOK, ruber.id -- Bencana alam banjir dan tanah longsor yang...

STRES karena lelah bekerja sering dirasakan beberapa orang. ilustrasi/ruber.id

Lelah dengan Padatnya Aktivitas Pekerjaan? Lakukan Hal Ini untuk Mengurangi Stres

ruber.id — Padatnya aktivitas dalam bekerja sehari-hari tak jarang membuat seseorang tertekan, hingga merasa stres. Apalagi, jika target yang diinginkan tidak tercapai, hal itu akan tentunya akan menambah beban pikiran.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun ruber.id, ada salah seorang psikolog yang mengatakan bahwa masalah tidak selalu membawa dampak buruk bagi Anda. Karena, dengan adanya masalah, Anda akan mampu berpikir dan bertindak lebih maju.

Meski demikian, Anda tetap harus mengatasinya. Salah satu yang pertama bisa dilakukan ketika stres menyerang adalah dengan menenangkan tubuh.

Hanya saja, untuk mendapatkan kondisi rileks ini tidak sama bagi setiap orang.

Beberapa kegiatan yang bisa Anda pilih untuk merilekskan pikiran dan tubuh di antaranya mengimajinasikan tempat yang Anda sukai, bisa berupa destinasi liburan impian hingga memori manis di masa lalu.

Biarlah otak Anda membayangkan tempat itu dengan jelas, mulai dari perasaan Anda hingga detail terkecil seperti aroma. Lakukan visualisasi ini sampai pikiran menjadi lebih tenang dan Anda pun bisa tersenyum kembali.

Anda juga bisa mendengarkan musik untuk membantu lebih rileks. Pilih musik yang membangkitkan semangat Anda, dan yang menjelaskan masalah yang Anda lalui saat ini.

BACA JUGA: Cara Ini Efektif Hilangkan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Musik bisa juga membuat Anda tersenyum karena mengingatkan Anda tentang kenangan-kenangan indah masa lalu. Pilihan lagu yang tepat dapat meningkatkan mood dalam waktu yang relatif singkat.

Tarik napas yang panjang dan dalam, karena saat stres biasanya Anda akan bernapas dengan lebih cepat. Anda harus menarik napas secara berulang melalui perut, bukan dari dada. Dengan meditasi akan mengurangi ketegangan otot-otot Anda, dan menyediakan oksigen yang sangat berguna untuk menjernihkan pikiran.

Selain itu, Anda bisa mencoba pergi ke tempat yang tenang dan mulailah tuliskan hal-hal positif yang pernah Anda alami dalam hidup. Mengubah fokus Anda dari pikiran negatif menuju pikiran yang positif dapat membuat feeling Anda menjadi lebih baik dengan seketika.

Jika beban kerja sudah berlebihan, ada baiknya Anda memilih minuman yang bisa menenangkan. Misalnya dengan secangkir teh hangat. Terlebih, sebuah studi menemukan bahwa orang yang meminum teh lebih bahagia dibandingkan yang tidak.

Bukan hanya itu, dengan membuat teh berarti Anda mendapatkan waktu sejenak untuk menenangkan diri, dan juga memberikan Anda kesempatan berkonsentrasi kembali untuk memecahkan masalah yang ada.

Namun, apabila cara tersebut tidak mengubah keadaan, dan Anda tetap mengalami stres atau tegang, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog, atau ungkapkan masalah Anda dengan seseorang yang dirasa mampu memberi solusi terbaik. red

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Kabar Baik, Pasien Positif Corona di Garut Tinggal 1 Orang

GARUT, ruber.id - Kabar baik, pasien positif COVID-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat yang masih dirawat tinggal tersisa 1 orang.

Seorang Pendaki Hilang di Gunung Guntur Garut

GARUT, ruber.id - Seorang pendaki dilaporkan hilang di Gunung Guntur, Desa Sukawangi, Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak Sabtu (4/7/2020).

Alhamdulillah, Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Tinggal 2 Orang

TASIKMALAYA, ruber.id - Dari 26 orang pasien positif corona asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, kini tersisa tinggal 2 pasien yang masih menjalani...

Update COVID-19 Pangandaran: 17 Positif, 10 Sembuh, OTG Masih Tinggi

PANGANDARAN, ruber.id - Hingga Sabtu (4/7/2020), total warga Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat terkonfirmasi positif corona sebanyak 17 orang. Dari...

ODP asal Sumedang Utara Reaktif Rapid Tes

SUMEDANG UTARA, ruber.id - Satu warga asal Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat reaktif rapid test. "Yang bersangkutan...