21.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 19, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Lelah dengan Padatnya Aktivitas Pekerjaan? Lakukan Hal Ini untuk Mengurangi Stres

STRES karena lelah bekerja sering dirasakan beberapa orang. ilustrasi/ruber.id

Lelah dengan Padatnya Aktivitas Pekerjaan? Lakukan Hal Ini untuk Mengurangi Stres

ruber.id — Padatnya aktivitas dalam bekerja sehari-hari tak jarang membuat seseorang lelah dan tertekan, hingga merasa stres. Apalagi, jika target yang diinginkan tidak tercapai, hal itu akan tentunya akan menambah beban pikiran.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun ruber.id, ada salah seorang psikolog yang mengatakan bahwa masalah tidak selalu membawa dampak buruk bagi Anda. Karena, dengan adanya masalah, Anda akan mampu berpikir dan bertindak lebih maju.

Meski demikian, Anda tetap harus mengatasinya. Salah satu yang pertama bisa dilakukan ketika stres menyerang adalah dengan menenangkan tubuh.

Hanya saja, untuk mendapatkan kondisi rileks jauh dari rasa lelah dan stres ini tidak sama bagi setiap orang.

BACA JUGA:  Bingung Mau Pasang KB Spiral? Ketahui Dulu Jenis dan Efeknya

Beberapa kegiatan yang bisa Anda pilih untuk merilekskan pikiran dan tubuh di antaranya mengimajinasikan tempat yang Anda sukai, bisa berupa destinasi liburan impian hingga memori manis di masa lalu.

Biarlah otak Anda membayangkan tempat itu dengan jelas, mulai dari perasaan Anda hingga detail terkecil seperti aroma. Lakukan visualisasi ini sampai pikiran menjadi lebih tenang dan Anda pun bisa tersenyum kembali.

Anda juga bisa mendengarkan musik untuk membantu lebih rileks. Pilih musik yang membangkitkan semangat Anda, dan yang menjelaskan masalah yang Anda lalui saat ini.

BACA JUGA: Cara Ini Efektif Hilangkan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Musik bisa juga membuat Anda tersenyum karena mengingatkan Anda tentang kenangan-kenangan indah masa lalu. Pilihan lagu yang tepat dapat meningkatkan mood dalam waktu yang relatif singkat.

BACA JUGA:  Jangan Panik di Tengah Pandemi Virus Corona, Lakukan Hal Ini Agar Tubuh Tetap Fit

Tarik napas yang panjang dan dalam, karena saat stres biasanya Anda akan bernapas dengan lebih cepat. Anda harus menarik napas secara berulang melalui perut, bukan dari dada. Dengan meditasi akan mengurangi ketegangan otot-otot Anda yang lelah, dan menyediakan oksigen yang sangat berguna untuk menjernihkan pikiran.

Selain itu, untuk mengurangi beban aktivitas padat yang mengakibatkan datang rasa lelah dan stres, Anda bisa mencoba pergi ke tempat yang tenang dan mulailah tuliskan hal-hal positif yang pernah Anda alami dalam hidup. Mengubah fokus Anda dari pikiran negatif menuju pikiran yang positif dapat membuat feeling Anda menjadi lebih baik dengan seketika.

Jika beban kerja sudah berlebihan yang mengakibatkan lelah dan stres ada baiknya Anda memilih minuman yang bisa menenangkan. Misalnya dengan secangkir teh hangat. Terlebih, sebuah studi menemukan bahwa orang yang meminum teh lebih bahagia dibandingkan yang tidak.

BACA JUGA:  Kesalahan Gaya Hidup Kaum Rebahan yang Berbahaya bagi Kesehatan

Bukan hanya itu, dengan membuat teh berarti Anda mendapatkan waktu sejenak untuk menenangkan diri, dan juga memberikan Anda kesempatan berkonsentrasi kembali untuk memecahkan masalah yang ada.

Namun, apabila cara tersebut tidak mengubah keadaan, dan Anda tetap mengalami stres, lelah atau tegang, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog, atau ungkapkan masalah Anda dengan seseorang yang dirasa mampu memberi solusi terbaik. red

Related Articles

2 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles