Kota Tasikmalaya Cetak Ratusan Calon Wirausaha Baru

Kota Tasikmalaya Cetak Ratusan Calon Wirausaha Baru
Peserta pendampingan wirausaha baru berfoto bersama di aula Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya, Sabtu (28/5/2022). andy/ruber.id

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Program Wirausaha Baru (WUB) bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, memasuki masa inkubasi bisnis. Kegiatan ini merupakan pendampingan para calon wirausaha baru yang telah mengikuti rangkaian acara Tasik Tourism Pleneur yang dihelat pada 22-23, Maret 2022 lalu.

Sebanyak 197 orang peserta mengikuti kegiatan tersebut. Acara ini dilaksanakan di Aula Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya, jalan Dadaha nomor. 18, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu, (28/5/2022).

Pada pelaksanaan acara ini turut hadir, Ketua Tasik Creative Innovation Committee (TCIC), Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), Kepala Bidang Pariwisata Kota Tasikmalaya, dan Wakil Direktur UPI Kampus Tasimalaya.

Masa inkubasi ini merupakan gerbang awal bagi peserta yang serius untuk menjadi wirausahawan di Kota Tasikmalaya.

Baca juga:  Relasi Terbentuk, KPU Kota Tasik Targetkan 83 Persen Pemilih

Sejumlah peserta ini, terbagi kedalam tiga kategori diantaranya: yang pertama adalah Kawan Event.

Di mana, peserta yang mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan, atau event kreator yang ingin memilik bisnsi Event Organizer (EO) berkelas nasional, bahkan internasional.

Selanjutnya kategori Kawan Lokal yaitu bagi peminat industri pariwisata atau traveler pecinta wisata berbasis aktifitas dan minat atau hobi yang ingin menjadi seorang trip organizer.

Kategori ketiga yaitu, Kawan Ekraf cocok bagi peminat dan memiliki produk industri kreatif khususnya dibidang kriya, kuliner, fashion, seni rupa dan lainnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Direktur UPI Kampus Tasikmalaya Heri Yusuf Muslihin menyampaikan, wirausahawan yang sukses adalah seseorang yang memiliki kreatifitas dan mempunyai inovasi.

Baca juga:  Mayat Pria di Semak-semak Kagetkan Bocah yang Hendak Buang Air Kecil

Hal tersebut, merupakan kata kunci untuk menjadi orang yang sukses.

“Upaya ini merupakan salah satu cara untuk menekan angka kemiskinan di Kota Tasikmalaya, Oleh sebab itu, wirausahawan harus lebih kreatif dan inovatif,” kata Heri.

Selain itu, para wirausahawan agar meningkatkan kulitas produk serta melakukan inovasi-inovasi baru yang belum teripikirkan sebelumnya.

Di pengujung kegiatan tersebut secara simbolis, Ketua TCIC Kota Tasikmalaya Roni Fitra menyerahkan nota kesepakatan kerja kepada Wakil Direktur UPI Kampus Tasikmalaya.